PENERAPAN METODE DRILL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PASSING ATAS BOLA VOLI SISWA SMPN 4 TAPUNG HILIR

Nurul Khotimah

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan keterampilan passing atas bolavoli melalui metode drill pada siswa kelas VIII A SMPN 4 Tapung Hilir. Jenis penelitian yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Ada empat tahapan dalam penelitian tindakan, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi, sedangkan penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian dalam penelitian tindakan  kelas ini adalah siswa kelas VIII A SMP N 4 Tapung Hilir dengan jumlah siswa yang diteliti sebanyak 20 siswa yang terdiri dari 10 siswa dan 10 siswi. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah metode drill dapat meningkatkan kemampuan passing atas siswa kelas VIII A di SMPN 4 Tapung Hilir. Terjadi peningkatan kemampuan passing atas siswa dari siklus I dan siklus II. Hasil evaluasi sikus I dari 20 siswa yang berhasil mencapai KKM yaitu sebanyak 8 siswa (40%), dan hasil evaluasi nilai siklus II dari 20 siswa yang berhasil mencapai KKM yaitu sebanyak 16 siswa (80%).


Keywords


Metode Drill ; Passing Atas; Bola Voli

Full Text:

Download PDF

References


Gazali, N. (2016). Kontribusi Kekuatan Otot Lengan Tehadap Kemampuan Servis Atas Atlet Bolavoli. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreations, 3(1), 1–6. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpehs

Purnama, S. (2017). Pengaruh Manajemen Fasilitas Olahraga dan Layanan Guru Terhadap Efektivitas Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (Studi Pada Sekolah Menengah Atas Negeri di Kota Tasikmalaya). Journal Sport Area, 2(2), 105–114.

Sari, M. (2018). Proses Pelaksanaan Penilaian Hasil Pembelajaran Pendidikan Jasmani Anak Tuna Rungu di SMALB Negeri Pembina Pekanbaru. Journal Sport Area, 3(1), 42. https://doi.org/10.25299/sportarea.2018.vol3(1).1657

Viera, B. L. (2000). Bola Voli (Tingkat Pemula) diterjemahkan oleh Monti. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Zulrafli, Turimin, & Muspita. (2016). Kontribusi Tingkat Kesegaran Jasmani dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Penjas (Studi Korelasi Pada Mahasiswa Penjas Angkatan 2013 FKIP UIR Pekanbaru). Journal Sport Area, 1(2), 73–83.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jete.v1i1.7895

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

    
 
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.