PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS GUIDED NOTE TAKING (GNT) PADA PEMBELAJARAN KIMIA SMA

Teti Suriani, Lisa Utami

Abstract


Abstract

This research aimed at designing Guided Note Taking (GNT) based module that was valid based on the validation by the experts of material and media, teacher practicality, and student response on Atomic Structure and Periodic System of the Elements lesson.  It was R&D (Research and Development) with 4-D development model.  It was administered at State Senior High School 12 Pekanbaru and it was conducted to the tenth-grade students of MIPA 4.  The module could be stated proper if it complied the valid and practical aspects. Validity could be seen from the results of validation that the validation sheet was used.  The percentage of the validation result by the experts of material overall was 94.74% and it was on very valid category.  The percentage of the validation result by the experts of media overall was 86.6% and it was on very valid category.  Practicality test was conducted to 3 teachers and it was obtained the result 84.44% and it was on very practical category. Student responses were obtained from 20 students, and the questionnaire result was 81.06% and it was on very good category. 

Keywords : Module, Guided Note Taking, Atomic Structure and Periodic System of the Elements

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat dan perhatian peserta didik dalam pembelajaran kimia sehingga diperlukan inovasi atau pembaharuan pada media pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran.Penelitian ini bertujuan untuk merancang modul berbasis Guided Note taking (GNT) yang layak berdasarkan validasi ahli materi dan media, kepraktisan guru, dan respon siswa pada materi Struktur Atom dan Sistem Periodik Unsur. Jenis penelitian ini adalah R&D dengan model 4-D dengan tahapan (1) pendefenisian (define), (2) Perancangan (design), (3) Pengembangan (develop). Modul dapat dikatakan layak apabila memenuhi aspek valid dan praktis. Validitas dapat dilihat dari hasil validasi yang digunakan. Persentase hasil validasi ahli materi secara keseluruhan adalah 94,74% dan termasuk dalam kategori sangat valid. Persentase hasil validasi ahli media secara keseluruhan adalah 86,6% dan termasuk dalam kategori sangat valid. Uji kepraktisan dilakukan kepada 3 orang guru diperoleh hasil 84,44% dan termasuk dalam kategori sangat praktis. Respon siswa diperoleh dari 20 siswa, dan hasil angket sebesar 81,06% berada pada kategori sangat baik.


Full Text:

PDF

References


Agustiningsih, A. (2015). Video Sebagai Alternatif Media Pembelajaran dalam Rangka Mendukung Keberhasilan Penerapan Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 4(1), 50-58.

Depdiknas. (2018). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.

Hendriayana, A., ES, S. M., & Miswadi, S. S. (2013). Pengembangan Software Pembelajaran Mandiri (SPM) Materi Sistem Periodik Unsur dan Struktur Atom. Journal of Innovative Science Education, 2(1), 42-48.

Mahartika, I., Afrianis, N., & Yuhelman, N. (2020). Analisis Kebutuhan Chemistry Games (CGs) pada Pembelajaran Kimia di SMA/MA Kota Pekanbaru. Journal of Natural Science and Integration, 3(1), 35-44.

Nasution. (2011). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Novianti, N. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Guided Note Taking pada Materi Sifat-sifat Bangun Ruang terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 6 Bireuen. Jurnal Pendidikan Dasar (JUPENDAS), 3(2), 17-21.

Riduwan, M. B. A. (2007). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfa Beta.

Rustam, R., Supriadi, S., & Jura, M. R. (2013). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Guided Note Taking (GNT) pada Materi Termokimia terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Pasangkayu. Jurnal Akademika Kimia, 2(4), 196-202.

Rusydiyah, E. F. (2015). Media Pembelajaran: Implementasi untuk Anak di Madrasah Ibtidaiyah. Buku perkuliahan Program S-1 Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya.

Sadiman, A. S. (2008). Media Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Yakina, Y., Kurniati, T., & Fadhilah, R. (2017). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kimia Kelas X di SMA Negeri 1 Sungai Ambawang. Jurnal Ilmiah Ar-Razi, 5(2), 287-297.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jcei.v1i1.15601

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal of Chemistry Education and Integration

 E-ISSN: 2829-1921  P-ISSN: 2829-2774                

Published By:

Department of Chemistry Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, Sultan Syarif Kasim State Islamic University, Riau 

Mailing Address:

Jl. H.R Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tuah Madani, Pekanbaru, Riau

email: jceipka@uin-suska.ac.id

Indexed By:

          

 

 Creative Commons License

Journal of Chemistry Education and Integration is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.