Perencanaan Srategik dalam Menghasilkan Mutu Lulusan di Madrasah Aliyah Yayasan Pendidikan Kuantan Mudik Lubuk Jambi

IRFAN MOHD FAUZI, UMAR FARUQ

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: Perencanaan Srategik dalam Menghasilkan Mutu Lulusan di Madrasah Aliyah Yayasan Pendidikan Kuantan Mudik Lubuk Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah kepala madrasah dan guru, sedangkan objeknya adalah perencanaan srategik dalam menghasilkan mutu lulusan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan transkip, pengkodean dan kategorisasi serta interpretasi data. Hasil dari penelitian ini adalah a) perencanaan, dalam merumuskan perencanaan strategik hendaknya diawali dengan menentukan tujuan yang ingin dicapainya, sebab dalam perumusan sebuah perencanaan tidak akan berjalan baik tanpa didasari dengan tujuan yang jelas. Perumusan rencana strategik harus berdasarkan pada tujuan lembaga pendidikannya, agar setiap program dari perencanaan strategik dapat terlaksana dengan efektif dan efesien. b) pengorganisasian,dalam pengorganisasian perencanaan strategik, kepala sekolah membuat semua pihak untuk ikut terlibat pada rencana startegik dalam menghasilkan mutu lulusan. Kepala sekolah mengelompokan guru berdasarkan keahlian atau bidang studi yang di ampuhnya untuk saling bekerjasama dalam menghasilkan lulusan yang bermutu baik dari segi akademik maupun non akademik. c) pelaksanaan, dalam pelaksanaan perencanaan strategik, setiap tenaga pendidik berupaya menjalankan tugasnya untuk memberikan kemampuan terbaik dalam penggunaan berbagai macam pembaharuan metodologi pengajaran dan melengkapi perangkat pembelajaran. Aspek tersebut merupakan salah satu upaya dalam membangun motivasi peserta didik untuk mengikuti pembelajaran dikelas sehingga mutu lulusan dapat tercapai. d) pengawasan, dalam pengawasan perencanaan strategik, kepala madrasah harus bersifat objektif dalam melakukan penilaian terhadap semua kalangan. Kepala madrasah bersama anggota organisasi melakukan evaluasi kinerja selama setiap bulan untuk meningkatkan efesiensi untuk mencari kelemahan yang dihadapi serta memberikan solusi dari permasalahan tersebut. Penilaian yang dilakukan oleh kepala madrasah dan dicatat dalam sebuah buku khusus, yaitu  buku evaluasi kinerja.

Keywords


Mutu Lulusan, Pendidikan, Perencanaan Strategik

Full Text:

PDF

References


Andang. (2014). Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Deni Kuswara, Cepi Triyatna. (2009). Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Engkoswara, Aan Komariah. (2010). Administrasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Herlambang, S. (2013). Pengantar Manajemen (Cara Mudah Mamahami Ilmu Manajemen). Yogyakarta: Gosyen Publishing.

M. Fathurrohman, S. (2012). Impelemntasi Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Teras.

Martin. (2013). Dasar-Dasar Perencanaan Pendidikan. . Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2007). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Musfah, J. (2015). Manjemen Pendidikan, Teori, Kebijakan dan Praktik. Jakarta: Kencana.

Sagala, S. (2009). Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sanusi, A. (2014). Pembaharuan Strategi Pendidikan. Bandung: Nuansa Cendikia.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatf dan R & D. Bandung: Alfa Beta.

Tohirin. (2011). Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan dan Bimbingan Konseling. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Udin Syaefuddin Sa'ud, A. S. (2005). Perencanaan Pendidikan, Suatu Pendiekatan Komprehensif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Wibawa, B. (2017). Manajemen Pendidikan, Teknologi Kejuruan dan Vokasi . Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Web Analytics