Kemampuan Siswa (Gifted) dalam Merencanakan Karir di SMAN Plus Provinsi Riau

Anisa Siti Nurjanah, Mhd Subhan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan karir serta untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi perencanaan karir siswa gifted di Sekolah Menengah Atas Negeri Plus Provinsi Riau. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penentuan subjek menggunakan purposive sampling, yang terdiri atas 10 orang siswa gifted dari kelas XII dan Guru Bimbingan Konseling. Untuk mengumpulkan data digunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Data wawancara dianalisa dengan cara mendeskripsikan dalam bentuk narasi untuk memperoleh kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) perencanaan karir siswa gifted di Sekolah Menengah Atas Negeri Plus Provinsi Riau sudah sangat baik, hal ini didukung oleh hasil studi dokumentasi terhadap hasil angket perencanaan karir milik guru Bimbingan Konseling 2) faktor yang paling mempengaruhi perencanaan karir siswa gifted adalah lingkungan sekolah, minat dan prospek kerja serta peran alumni.


Keywords


Siswa Gifted, Perencanaan Karir

Full Text:

PDF

References


Anisa Rizkiani. (2012). Pengaruh Sistem Boarding School terhadap Pembentuan Karakter Peserta Didik (Penelitian di Ma’had Darul Arqan Muhammadiyah Daerah Garut). Jurnal Pendidikan Universitas Garut , 13.

Ditjen Dikdasmen Kemdikbud. 2016. Pedoman Pengembangan Bakat dan Minat. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMK Ditjen Dikdasmen Kemdikbud.

Fatmayanti, A. (2015). Pengembangan Media Blog sebagai Sarana Informasi untuk Meningkatkan Kemampuan Perencanaan Karir di SMAN 1 Bulukumba. Jurnal Psikologi dan Konseling, 165.

Gorard, Stephen and Chriss Taylor. 2004. Combining Methods in Educational and Social Research. New York: Open University Press.

Haryanto Pujaningsih. 2008. Pelayanan Pendidikan Anak Berbakat Intelektual di Sekolah Dasar, Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia VI di Universitas Pendidikan Ganesha Hotel Aston, hlm 10.

Izzaty, R. E. (2008). Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: UNY Press.

Kadarisman, M. (2014). Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Raja Grafindo.

Mastur, Triyono. (2014). Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Karier. Yogyakarta: Paramitra Publishing.

Saifuddin, A. (2018). Kematangan Karier Teori dan Strategi Memilih Jurusan dan Merencanakan Karier. Yogyakarta: Pustaska Pelajar.

Sofyandi, H. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatf dan R & D. Bandung: Alfa Beta.

Tirtonegoro, Sutratinah. 2001. Anak Supernormal dan Program Pendidikannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Tohirin. (2016). Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Veithzal Rivai Zainal. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan. Jakarta: Raja Grafindo.

W.S Winkel, Sri Hastuti. (2010). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/japkp.v1i2.9520

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

website statistics

View My Stats