Pengaplikasian Pendidikan Berkarakter Melalui Belajar Daring di Masa Covid-19

Syarifah Syarifah, Rati Wulan, Ria Triani, Triwanda Hamidah, M. Fahli Zatrahadi

Abstract


Belajar Daring merupakan suatu tingkatan untuk mencapai suatu keberhasilan atau tercapainya sasaran karena adanya suatu proses yang dilakukan oleh seseorang atau sebuah organisasi untuk bisa mencapai target yang diinginkan. Belajar Daring bagi muridnya supaya sasaran dalam mencapai tujuan belajar mencapai keberhasilan bagi muridnya supaya tetap mendapatkan ilmu dan paham akan materi yang disampaikan. Pandemi Covid 19 merupakan masalah global, menimbulkan berbagai dampak yang besar terutama dalam pendidikan. Belajar daring merupakan salah satu proses belajar yang sudah menjadi ketetapan di masa pandemi ini. Pendidikan Berkarakter ialah usaha yang sadar untuk merubah serta meningkatkan sikap seorang kearah yang baik supaya bisa bermasyarakat serta dapat menyatu di kehidupan masyarakat sehingga partisipan didikan  tidak terbawa- bawa pada hal- hal yang kurang baik.

 


Keywords


Belajar Daring, Covid 19, Pendidikan Berkarakter

Full Text:

PDF

References


Alaby, Muhammad Alwin. 2020. “Menumbuhkan Kepribadian Bangsa Yang Berkarakter Pancasila.” Jurnal Pendidikan Terintegrasi 6(4):177–86. doi: 10.20961/jpi.v6i3.45503.

Alifarose Syahda Zahra1, Sherina Wijayanti. 2020. “Efektivitas Pembelajaran Basis Online Di IAIN Tulungagung Dengan Adanya Kebijakan Physical Distancing Era Pandemi Covid 19.” 2507(February):1–9.

Amran, Amran, Magfirah Perkasa, Ismail Jasin, Muhammad Satriawan, and Muhammad Irwansyah. 2019. “Model Pembelajaran Berbasis Nilai Pendidikan Karakter Untuk Generasi Indonesia Abad 21.” Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan 22(2):233–42. doi: 10.24252/lp.2019v22n2i5.

Baety, D, N., and R. Munandar, D. 2021. “Analisis Efektifitas Pembelajaran Daring Dalam Menghadapi Wabah Pandemi Covid-19.” EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan 3(3):880–89.

Buulolo, Sister, Nelci Kual, Rolan Marthin Sina, and Hendro Hariyanto Siburian. 2020. “Pembelajaran Daring: Tantangan Pembentukan Karakter Dan Spiritual Peserta Didik.” PEADA’: Jurnal Pendidikan Kristen 1(2):129–43. doi: 10.34307/peada.v1i2.21.

Fitriyani, Yani, Irfan Fauzi, and Mia Zultrianti Sari. 2020. “Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19.” Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran 6(2):165–75. doi: 10.33394/jk.v6i2.2654.

Hidayah, Aas Aliana Futriani, Robiah Al Adawiyah, and Prima Ayu Rizqi Mahanani. 2020. “Efektivitas Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid 19.” JURNAL SOSIAL :Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial 21(September):53–56.

Iswantiningtyas, Veny, and Widi Wulansari. 2018. “Pentingnya Penilaian Pendidikan Karakter Anak Usia Dini.” Proceedings of the ICECRS 1(3):197–204. doi: 10.21070/picecrs.v1i3.1396.

Iswatiningsih, Daroe. 2019. “Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal Di Sekolah.” Jurnal Satwika 3(2):155–64. doi: 10.22219/SATWIKA.Vol3.No2.155-164.

Iswatiningsih, Daroe, Fauzan, Dluhayati, and Yanti Karunia Lestari. 2020. “Efektivitas Pembelajaran Bahasa Indonesia Daring Di Masa Pandemi COVID-19 Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Siswa SMP.” Jurnal Pendidikan, Kebahasaan Dan Kesustraan Indonesia 5:141–56.

Mawangir, Muh. 2018. “Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Perspektif Tafsir Al-Mishbah Karya Muhammad Quraish Shihab.” Tadrib 4(1):163–82. doi: 10.19109/Tadrib.v4i1.1917.

Muliadi, Agus, Baiq Mirawati, and Husnul Jannah. 2021. “Efektivitas Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 : Persepsi Mahasiswa Pendidikan Biologi.” Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan 5(2).

Mustari, Mohamad. 2011. “Refleksi Untuk Pendidikan Karakter.” 1–13.

Nabila, Noor Anisa. 2020. “PEMBELAJARAN DARING DI ERA COVID-19 BLOOD LEARNING IN THE ERA OF COVID-19 Oleh.” 1(1).

Nafrin, Irinna Aulia, and Hudaidah Hudaidah. 2021. “Perkembangan Pendidikan Indonesia Di Masa Pandemi Covid-19.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 3(2):456–62. doi: 10.31004/edukatif.v3i2.324.

Ningsih, Iin Putri, and Dedi Rianto Rahadi. 2020. “Perilaku Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Manajemen Bisnis (JMB) 33(2):102–8.

Pendidikan, Sarjana. 2020. “Implementasi Model Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kelas Iii Sd Ptq Annida Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2020 Skripsi.”

Purandina, I. Putu Yoga, and I. Made Astra Winaya. 2020. “Pendidikan Karakter Di Lingkungan Keluarga Selama Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi COVID-19.” Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan 3(2):270–90. doi: 10.37329/cetta.v3i2.454.

Putry, Raihan. 2019. “Nilai Pendidikan Karakter Anak Di Sekolah Perspektif Kemendiknas.” Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies 4(1):39–54. doi: 10.22373/equality.v4i1.4480.

Rosad, Ali Miftakhu. 2019. “Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Managemen Sekolah.” Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan 5(02):173–90. doi: 10.32678/tarbawi.v5i02.2074.

Santika, I. Wayan Eka. 2020. “Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Daring.” Indonesian Values and Character Education Journal 3(1):8–19.

Sihombing, Rizky Agassy, and Pristi Suhendro Lukitoyo. 2021. “Peranan Penting Pancasila Dan Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Karakter Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha 9(1):49–59. doi: 10.23887/jpku.v9i1.31426.

Suriadi, Harri Jumarto, Firman Firman, and Riska Ahmad. 2021. “Analisis Problema Pembelajaran Daring Terhadap Pendidikan Karakter Peserta Didik.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 3(1):165–73. doi: 10.31004/edukatif.v3i1.251.

Yunitasari, Ria, and Umi Hanifah. 2020. “Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Masa COVID 19.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 2(3):232–43. doi: 10.31004/edukatif.v2i3.142.

Zulkifli, N., and Handy Ferdiansyah. 2021. “Efektifitas Media Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Pendidikan 5(1):71–77.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/japkp.v1i2.15897

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

website statistics

View My Stats