Konseling Individual Terhadap Siswa Terpengaruh Game Online Di SMP Negeri 1 Tamansari

Muhammad Amin

Abstract


Penelitian ini mengkaji secara mendalam bagaimana siswa yang terpengaruh game online di SMP Negeri 1 Tamansari kelas VIII dan bagaimana bentuk pembinaan terhadap siswa yang terpengaruh game online di SMP Negeri 1 Tamansari kelas VIII. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah Pendekatan studi kasus. Hasil penelitian ini adalah siswa yang terpengaruh game online di SMP Negeri 1 Tamansari kelas VIII tergolong baik dan prestasinya tidak terlalu buruk di kelas. Ia juga aktif seperti siswa lainnya dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler tertentu yang berkaitan dengan olahraga, yaitu futsal, sepak bola dan bulu tangkis. Sejauh ini belum ada bentuk pembinaan kongkrit bagi siswa yang terkena dampak game online di SMP Negeri 1 Tamansari, namun pemecahan masalah bersifat kontekstual dan akan dilakukan jika terjadi pelanggaran tata tertib sekolah.


Keywords


Game Online, Konseling Individual, SMP Negeri 1 Tamansari

Full Text:

PDF

References


Ang, C. S., Zaphiris, P., & Mahmood, S. (2007). A Model Of Cognitive Loads In Massively Multiplayer Online Role Playing Games. Interacting with Computers, 19(2), 167–179.

Badique, E., Cavazza, M., Klinker, G., Mair, G., Sweeney, T., Thalmann, D., & Thalmann, N. M. (2002). Entertainment Applications of Virtual Environments. In Handbook of Virtual Environments (pp. 1183–1206). CRC Press.

BBC News. (2005). China Imposes Online Gaming Curbs.

BBC News. (2019). Vidio Game Addiction: China Imposes Gaming Curfew For Minor.

Block, J. J. (2008). Issues for DSM-V: Internet Addiction. Am Psychiatric Assoc.

Cindy, M. S. (2016). Hubungan Antara Self Regulation Dengan Task Commitment Pada Mahasiswa Pemain Game Online Aktif di Universitas Andalas. Universitas Andalas.

Edrizal, E. (2018). Pengaruh Kecanduan Siswa Terhadap Game Online (Studi Tentang Kebiasaan Siswa Bermain Game Online) Di SMP N 3 Teluk Kuantan. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 2(6), 1001–1008.

Esposito, M. R., Serra, N., Guillari, A., Simeone, S., Sarracino, F., Continisio, G. I., & Rea, T. (2020). An Investigation Into Video Game Addiction In Pre-Adolescents and Adolescents: A Cross-Sectional Study. Medicina, 56(5), 221.

Fauzi, A. (2019). Pengaruh Game Online Pubg (Player Unknown’s Battle Ground) Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik. ScienceEdu: Jurnal Pendidikan IPA, 61–66.

Fauziyah, N. V. (2021). Efektivitas Layanan Konseling Individu Dengan Teknik Behavior Contract Untuk Mengatasi Perilaku Membolos Siswa: Literature Review. Jurnal Bikotetik (Bimbingan Dan Konseling: Teori Dan Praktik)an Konseling: Teori Dan Praktik), 5(1), 17–21.

Ferraro, G., Caci, B., D’Amico, A., & Di Blasi, M. (2007). Internet Addiction Disorder: An Italian Study. Cyberpsychology and Behavior, 10(2), 170–175.

Hardanti, H. A., Nurhidayah, I., & Rahayu, S. Y. (2013). Faktor-faktor Yang Melatarbelakangi Perilaku Adiksi Bermain Game Online Pada Anak Usia Sekolah. Jurnal Keperawatan Padjadjaran, 1(3).

Harianto, S. (2021, August 8). Kecanduan Game Online, 2 Pelajar di Madiun Curi Uang Hingga Rp 102 Juta. Detiknews.Com.

Kelly, R. V. (2004). Massively Multiplayer Online Role-Playing Games: The People, The Addiction and The Playing Experience. McFarland.

KompasTV. (2021). Tragis! Seorang Anak Meninggal Akibat Kecanduan Game Online.

Latipun. (2017). Psikologi Konseling (Edisi Keem). UMM Press.

Liao, G.-Y., Huang, T.-L., Cheng, T. C. E., & Teng, C.-I. (2020). Impacts Of Media Richness On Network Features and Community Commitment In Online Games. Industrial Management & Data Systems.

Luddin, A. B. M. (2012a). Kelompok Individual dan Kelompok Aplikasi Dalam Praktik Konseling (Pertama). Citapustaka Media Perintis.

Luddin, A. B. M. (2012b). Konseling Individual dan Kelompok. Citapustaka Media Perintis.

Lutfiwati, S. (2018). Memahami Kecanduan Game Online Melalui Pendekatan Neurobiologi. ANFUSINA: Journal of Psychology, 1(1), 1–16.

NBC News. (2007). Is Video-Game Addiction a Mental Disorder?

Nisrinafatin. (2020). Pengaruh Game Online Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(2), 135–142.

Novrialdy, E. (2019). Kecanduan game online pada remaja: Dampak dan pencegahannya. Buletin Psikologi, 27(2), 148–158.

Rochmah, L. V., & Kusumawati, A. (2019). Menjelajahi Dampak Keterlibatan Pemasaran Digital pada Proses Pengambilan Keputusan Siswa di Lembaga Pendidikan Tinggi (HEIs) (Studi pada Universitas Negeri di Kota Malang). Administrasi Bisnis, 73(2), 104–113.

Saltzman, M. (2019, March 7). “Pac-Man,” “Space Invaders” and Classic Video Games Get Extra Lives At Home, On Mobile.

Strittmatter, E., Kaess, M., Parzer, P., Fischer, G., Carli, V., Hoven, C. W., Wasserman, C., Sarchiapone, M., Durkee, T., & Apter, A. (2015). Pathological Internet Use Among Adolescents: Comparing Gamers and Non-Gamers. Psychiatry Research, 228(1), 128–135.

Syahran, R. (2015). Ketergantungan Online Game dan Penanganannya. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 1(1), 84–92.

Tanner, L. (2007). AMA Considers Video Game Overuse an Addiction. The Associated Press., 7.

Vitnalia, R. (2013). Penerapan Konseling Kelompok Realita Untuk Membantu Menangani Kecanduan Game Onlie Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Krian. Jurnal BK UNESA, 1(1).

Walgito, B. (2010). Bimbingan dan Konseling (Studi dan Karir). Yogyakarta: CV Andi Offset.

Wijaya, F. (2017). Konseling Individual Dalam Mengatasi Kenakalan Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Yogyakarta. Al-Tazkiah: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 6(2), 95–110.

Yee, N. (2002). Understanding MMORPG Addiction. Retrieved February, 15, 2008.

Young, K. (2009). Understanding Online Gaming Addiction and Treatment Issues For Adolescents. American Journal of Family Therapy, 37(5), 355–372.

Young, K. S. (2007). Cognitive Behavior Therapy With Internet Addicts: Treatment Outcomes and Implications. Cyberpsychology and Behavior, 10(5), 671–679.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Web Analytics