Peran Guru BK dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Online Siswa SMP Negeri 9 Tapung di Saat Pandemi Covid-19

Sri Asfikurnia, Suhertina Suhertina

Abstract


Hasil penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru Bimbingan Konseling dalam mengatasi kejenuhan belajar online siswa dimasa pandemi covid-19 dan mengetahui faktor yang mempengaruhi peran guru Bimbingan Konseling dalam mengatasi kejenuhan belajar online siswa. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 9 Tapung. Informan penelitan ini adalah satu orang guru bimbingan konseling dan dua orang siswa menjadi informan tambahan. Teknik pengumpulan data yang terdiri dari wawancara dan dekomentasi. Tringulasi data yang digunakan yaitu triangulasi sumber. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahawa peran guru bimbingan konseling sangat penting dalam mengatasi kejenuhan belajar online siswa yaitu dengan mengembangkan bidang bimbingan dan layanan konseling yang didalam konsep bimbingan dan konseling seperti bimbingan kelompok dan layanan konseling individual. Guru bimbingan konseling berperan sebagai fasilator dan konsultan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dimasa pandemi Covid-19. Faktor yang mempengaruhi peran guru Bimbingan Konseling dalam mengatasi kejenuhan belajar online siswa yaitu banyak tugas-tugas yang menumpuk, materi pembelajaran sulit dipahami, kelelahan pada diri peserta didik, dan kurang motivasi siswa yang menyebabkan peran guru bimbingan konseling dalam mengatasi kejenuhan belajar tidak terlaksana.


Keywords


Peran Guru BK; Kejenuhan Belajar; Pandemi Covid-19

Full Text:

PDF

References


Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Fatmawati. (2018). Hubungan antara Kejenuhan Belajar dengan Stres Akademik. Ejournal Psikologi Fisip Unmul. Ac.Id, Universitas Mulawarman, 6(4), 704–712.

Hidayat, Y. (2016). Pengaruh slow learner dan kejenuhan belajar terhadap kesulitan belajar Fisika siswa MTs Madani Alauddin Paopao Kabupaten Gowa. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 5(2), 332–341.

Pawicara, R., & Conilie, M. (2020). Analisis Pembelajaran Daring Terhadap Kejenuhan Belajar Mahasiswa Tadris Biologi Iain Jember di Tengah Pandemi Covid-19. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1), 29–38.

Ramayulis, & Mulyadi. (2016). Bimbingan dan Konseling Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmahdinata, N. S. (2003). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tambusai, K. (2020). PERAN BIMBINGAN KONSELING SEKOLAH DI TENGAH COVID-19. Al-Mursyid: Jurnal Ikatan Alumni Bimbingan Dan Konseling Islam, 2(2), 175–187.

Winkel, W. S. (2005). Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Tama.

Zatrahadi, M. F. (2015). Pengantar konseling online.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/japkp.v2i2.13935

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

website statistics

View My Stats