Rancangan Program Pelayanan Konseling Berbasispermasalahan Moral Peserta Didik Kelas Vii Di Smpn 03 2x11 Kayutanam

Zikrati Assalam, Fuaddillah Putra, Wira Solina

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya peserta didik memiliki permasalahan moral. Seperti adanya peserta didik yang masih kurangnya sopan santun dan suka membangkang, baik di sekolah maupun di masyarakat. Tujuan  dari penelitian ini untuk mendeskripsikan: 1) Gambaran permasalahan moral peserta didik. 2) Rancangan program pelayanan konseling berbasis permasalahan moral anak kelas VII. Jenis penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VII Berjumlah 61 peserta didik. Teknik mengambil sampel adalah teknik purposive sampling, sampel penelitian berjumlah 61 peserta didik. Penelitian ini menggunakan instrumen angket dan analisis data yang di gunakan adalah teknik persentase. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1) Permasalahan moral peserta didik berada pada kategori cukup tinggi 2) Rancangan program pelayanan konseling yang berbentuk layanan dalam membantu perkembangan moral peserta didik adalah dengan memberikan layanan konseling perorangan, layanan konseling kelompok, layanan kolaborasi, layanan informasi, dan layanan bibioterapy.


Keywords


Permasalahan Moral, Pelayanan Konseling, Peserta Didik

Full Text:

PDF

References


Bungin, Burhan. 2005. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Kharisma Putra Utama: Jakarta.

Danim, Sudarwan. 2013. Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Alfabeta.

Desmita, 2012, Psikologi Perkembangan, Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Fathur Rahman, 2009. Bimbingan dan konseling kompheresif; Dari Paradigma Menuju Aksi. Disampaikan pada Workshop penyesuaian Program BK Kompheresif bertempat di ruang sidang Utama Rektor UNY, Kerjasama Prodi BK UNY dan PD ABKIN DIY. Yogyakarta: Universitas Negri Yogyakarta.

Fatimah, Enung, 2008, Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik), Bandung: Pustaka Setia.

Gunarsa, D dan Gunarsa,. 1989. Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia.

Kasman, Rusdi. 2013. Program Bimbingan Pribadi-Sosial untuk Meningkatkan Kecerdasan Moral Siswa (Studi Pengembangan Di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Setu Bekasi). PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan dan Konseling. Vol. 2, No. 1.

Prayitno. 2012. Jenis Layanan dan Kegiatan Pendukung Konseling. Padang: UNP.

Prabowo Suto, dkk, 2015 Keluarga Sangat Penting dalam Pendidikan Mental, Karakter Anak Budi Pekeri Anak sosial humaniora. vol 8 no. hal 46-54.

Purwoko, Budi. (2008). Organisasi dan managemn bimbingan dan konseling. Surabaya: Unesa University Press.

Salam, Burhanuddin. 2012. Etika Individual Pola Dasar Filsafat Moral. Jakarta: Rineka Cipta

Suciati, dkk. 2007. Belajar & Pembelajaran 2. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta: Bandung

Zakiah, Daradjat. 1976. perawatan Jiwa Anak. Jakarta: Bulan Bintang.

Zamroni. 2003. Paradigma pendidikan Masa Depan. Yogyakarta: Publishing.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Web Analytics