Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Mengelola Administrasi Pembelajaran Melalui Supervisi Klinis di MA Maarif Kota Pekanbaru

Elza Putri

Abstract


Penelitian ini dilakukan dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi yang meliputi supervisi akademik secara klinis dengan melakukan wawancara langsung. pada Siklus I guru yang berkategori baik dalam mengelola administrasi pembelajaran adalah 28 %  dan yang berkategori kuang adalah 72% . Berarti lebih dari masih banyak guru yang belum memahami tentang administrasi pembelajaran yang sangat dibutuhkan dalam proses belajar mengajar dan kemajuan siswa dalam pembelajaran dan (2) sedangkan pada hasil penelitian Siklus II guru yang berkategori baik dalam mengelola administrasi pembelajaran mengalami peningkatan yang signifikan yaitu 78 %  dan yang berkategori kurang adalah 22%. Sehingga dari hasil penelitian Siklus I dan Siklus II, penelitian ini sudah berhasil, karena sudah mencapai 78% indikator keberhasilannya, sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan pembinaan dengan supervisi klinis secara berkelanjutan yang dilakukan pengawas madrasah dapat meningkatkan kompetensi guru dalam mengelola administrasi pembelajaran di MA Maarif Kota Pekanbaru.

Keywords


kompetensi guru, administrasi pembelajaran, supervisi klinis

Full Text:

PDF

References


Danim, S. (2012). Pengembangan Profesi Guru. Prenada Media.

Departemen Pendidikan Nasional. (2005). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Depdiknas.

Faizin, I. (2017). Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan dalam Meningkatkan Nilai Jual Madrasah. Madaniyah, 7(2), 261–283.

Hariwirawan, I. K. (2020). Kontribusi pendidikan dan pelatihan terhadap kualitas pengelolaan pembelajaran. Indonesian Journal of Educational Development, 1(1), 45–51.

Ikhsan, A. (2016). Analisis Pengaruh Budaya Organisasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Non Dosen Pada Universitas Mercu Buana Jakarta. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis Mercu Buana, 2(1), 97055.

Iskandar, D. (2018). Implementasi kompetensi profesional guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Journal of Management Review, 2(3), 261–270.

Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2013). The action research planner: Doing critical participatory action research. Springer Science & Business Media.

Presiden Republik Indonesia. (2003). Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.

Wardani, L. K. (2014). Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi Kerja dan Komitmen Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Dalam Meningkatkan Kinerja Guru SMP Negeri Kota Tegal. Jurnal Universitas Dian Nuswantoro, Semarang.

Zainuddin, Z. (2017). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Madrasah Aliyah Negeri Kabanjahe. Benchmarking-Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Web Analytics