Pentingnya Kompetensi Leadership Pada Guru MI

Aswatun Hasanah, Indah Hari Utami, Noven Kusainun

Abstract


Abstrak

Penelitian ini mengkaji Keputusan Menteri Agama Nomor 211 Tahun 2011 tentang Pedoman Pengembangan Standar Nasional Pendidikan Islam pada Sekolah. Fokus pembahasan pada penelitian ini adalah urgensi kompetensi leadershipbagi guru, pengertian leadership, indikator kompetensi leadershipguru, dan cara menumbuhkan kompetensi leadership pada guru. Penelitian ini dilakukan dengan metode studi pustaka (library research). Hasil dari penelitian ini mengenai pentingnya kompetensi leadership pada guru MI adalah 1) mendukung dan menguatkan empat kompetensi guru lainnya 2) bekal untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan pada peserta didik, 3) menjadi dasar, bekal, dan persiapan bagi guru ketika menjabat sebagai pimpinan atau kepala madrasah, dan 4) mempersiapkan peran guru di masyarakat. Langkah-langkah menumbuhkan kompetensi leadership pada guru MI adalah 1) mengikuti pelatihan, seminar, dan diklat, 2) aktif  berorganisasi, 3) menanamkan sikap optimis dan positivisme, dan 4) memberdayakan diri sendiri.

Kata Kunci. kompetensi leadership, guru MI


Full Text:

PDF

References


Baharun, Hasan. 2017. “Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Kompetensi Kepemimpinan Kepala Madrasah.” At-Tajdid : Jurnal Ilmu Tarbiyah 6: 10.

Danim, Sudarwan. 2010. , Kepemimpinan Pendidikan: Kepemimpinan Jenius (IQ+EQ), Etika, Perilaku Motivasional, Dan Mitos. Bandung: Alfabeta.

Didin Kurniadin dan Imam Machali. 2014. Manajemen Pendidikan: Konsep Dan Prinsip Pengelolaan Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Ester Manik dan Dhea Perdana Coenraad. n.d. “Pengaruh Fungsi Kepemimpinan, Kompetensi, Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Direktorat Jenderal Energi Baru.” Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Enterpreneurship Volume 9.

Gunawan, Chaerul Roocman dan Heri. 2011. Pengembangan Kompetensi Kepribadian Guru, Menjadi Guru Yang Dicintai Dan Diteladani Oleh Siswa Cet I. Bandung: Nuansa Cendikia.

Hambali, Muh. 2016. “Manajemen Pengembangan Kompetensi Guru PAI.” J-MPI (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam). https://doi.org/10.18860/jmpi.v1i1.3229.

Janawi. 2012. Kompetensi Guru : Citra Guru Profesional. Bandung: Alfabeta.

Kunandar. 2007. Guru Profesional. Jakarta: Rajawali Pers.

Makawimbang, Jerry H. 2012. Kepemimpinan Pendidikan Yang Bermutu. Bandung: Alfabeta.

Marintis, Yamis. 2006. Profesionalisasi Guru Dan Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Gaung Persada Press.

Mutohar, Prim Masrokan. 2013. Manajemen Mutu Sekolah: Strategi Peningkatan Mutu Dan Daya Saing Lembaga Pendidikan Islam. Yogyakarta: Ar-ruzz media.

PP Nomor 19 Tahun 2005 Pasal 28 Ayat 3. n.d.

Prastowo, Andi. n.d. Pembelajaran Konstruksivistik-Scientific Dan Pendidikan Agama Di Sekolah Madrasah: Teori, Aplikasi, Dan Riset Terkait. Rajawali P. Jakarta.

Rahadian, Dian. 2015. “Peran Guru Di Masyarakat.” Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Informasi.

Reni Fahdini, Dkk. 2014. “Kompetensi Guru Sebagai Cerminan Profesionalisme Tenaga Pendidik Di Kabupaten Sumedang.” Mimbar Sekolah Dasar Volume Nom.

Roqib, Moh. 2011. Kepribadian Guru Sebagai Upaya Mengembangkan Kepribadian Guru Yang Sehat Di Masa Depan. Purwokerto: STAIN PRESS.

Sedarmayanti. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia: Reformasi Birokrasi Dan Manajemen Pegawai Negri Sipil. Bandung: Refika Aditamab.

Suprihatiningrum, Jamil. 2014. Guru Profesional Pedoman Kinerja, Kualifikasi Dan Kompetensi Guru, Cet II. Yogyakarta: Ar-ruzz media.

Uno, Hamzah B. 2007. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif Dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

———. 2008. Profesi Kependidikan : Problema, Solusi, Dan Reformasi Pendidikan Di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Usman, Moch Uzer. 2005. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ijiem.v3i1.9147

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Indonesian Journal of Islamic Educational Management

INDEXED BY:

       

IJIEM is published by Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Mailing Address:

Gedung PMU Lt. II Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau  
Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155, Pekanbaru - Riau 28293, Email: ijiem.mpi@uin-suska.ac.id

Creative Commons License
IJIEM is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats