Pengaruh Supervisi dan Kepemimpinan Kepala Madrasah terhadap Kepuasan Kerja Tenaga Pendidik Madrasah Tsanawiyah se Kecamatan Perhentian Raja

Husnidar Husnidar, Muslim Afandi, Amri Darwis

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan ilmu pengetahuan yang semakin maju sehingga menimbulkan persaingan yang ketat. Persaingan ini memaksa kepala madrasah agar berusaha semaksimal mungkin untuk meningkatkan kualitas lembaga pendidikan yang di kelolanya. Kualitas suatu lembaga dapat dinilai dari tingkat kepuasan para pengguna jasa. Dalam lembaga pendidikan tenaga pendidik menjadi tolak ukur keberhasilan proses pendidikan, dan untuk itu kepala madrasah harus mampu menciptakan kepuasan kerja bagi tenaga pendidiknya. Untuk mencapai kepuasan kerja tenaga pendidik, dibutuhkan pelaksanaan supervisi (pengawasan) dan kepemimpinan kepala madrasah yang baik. Namun kenyataannya masih terdapat tenaga pendidik yang bekerja tidak sesuai dengan kemampuannya, kurangnya disiplin kerja, dan metode pembelajaran yang kurang bervariasi serta masih ada tenaga pendidik yang belum mampu membuat perangkat pembelajaran. Tujuan Penelitian ini adalah, untuk mengetahui bagaimana pengaruh pelaksanaan supervisi terhadap kepuasan kerja tenaga pendidik, untuk mengetahui bagaimana pengaruh kepemimpinan kepala madrasah terhadap kepuasan kerja tenaga pendidik dan untuk mengetahui  pengaruh pelaksanaan supervisi dan kepemimpinan kepala madrasah secara bersama-sama terhadap kepuasan kerja tenaga pendidik di Madrasah Tsanawiyah se kecamatan Perhentian Raja. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, subjek penelitiannya adalah seluruh tenaga pendidik yang berjumlah 61 orang, sedangkan objeknya adalah kepuasan kerja tenaga pendidik. Tehnik pengumpulan data  menggunakan angket dan dokumentasi dan diolah dengan menggunakan SPSS 17. Hasil penelitian menunjukkan terdapatnya pengaruh pelaksanaan supervisi terhadap kepuasan kerja tenaga pendidik sebesar 46,2% dan terdapat juga pengaruh kepemimpinan kepala madrasah terhadap kepuasan kerja tenaga pendidik di Madrasah Tsanawiyah se kecamatan Perhentian Raja sebesar  48,2%, dan terdapat pengaruh pelaksanaan supervisi dan kepemimpinan kepala madrasah di Madrasah Tsanawiyah se kecamatan Perhentian Raja secara simultan  sebesar 72,2%. Hal ini membuktikan kedua faktor tersebut mempunyai  pengaruh terhadap kepuasan kerja tenaga pendidik.


Full Text:

PDF

References


Amri Darwis, Methode Penelitian Pendidikan Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2014

Husaini Usman, Manajemen Teori Praktek dan Riset Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2013

Lijan Poltak Sinambela, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Bumi Aksara, 2016

Malayu S.P.Hasibuan, Manajemen Dasar, Pengertian, dan Masalah, Jakarta: Bumi Aksara, 2009

Moch. Idochi Anwar, Administrasi Pendidikan dan Manajemen Biaya Pendidikan, Jakarta: Rajawali Pers, 2013

Mulyasa, Manajemen & Kepemimpinan Kepala Sekolah, (Jakarta: Bumi Aksara, 2011), h. 239

Permendiknas no 13 Tahun 2007 Tentang Standar Kepala Madrasah

Piet Sahertian, Profil Pendidikan Profesional, Yogyakarta: Andi Offset, 1994

Sondang P. Siagian, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Bumi Aksara, 2011

Sudarwan Danim dan Suparno, Manajemen dan Kepemimpinan Transformasional Kekepala Sekolahan, (Jakarta: Rineka Cipta, 2009

Sudarwan Danim dan Suparno, Manajemen dan Kepemimpinan Transformasional Kekepala Sekolahan, ( Jakarta: Rineka Cipta, 2009

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2017

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, (Bandung: Alfabeta, 2018

Suharsimi Arikunto dan Lia Yuliana, Manajemen Pendidikan, Yogyakarta: Aditya Media, 2012), h. 290

Tadjudin, Pengawasan dalam Manajemen Pendidikan, UIN SUSKA RIAU, Jurnal Ta’allum, volume 01, Nomor 02, November 2013

UU Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen Pasal 20 ayat b

Veithzal Rivai Zainal, dkk. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan dari Teori ke Praktik, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2014

Virgana, Kepuasan Kerja Guru Matematika di Tinjau dari Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru, Universitas Indraprasta PGRI, Jurnal formatif 4 (1): 20-11- 2014 ISSN: 2088-351X

Wahyosumidjo, Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2001

Wahyudi, Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Organisasi Pembelajar (Learning Organization), Bandung: Alfabeta, 2009

Wahyudi, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Pontianak: IKAPI, 2009

Yundri Akhyar, Pengelolaan Pendidikan Madrasah Aliyah: Telaah Terhadap Peraturan Mentri Pendidikan Nasional No. 19 Tahun 2007 Tentang Standar Pengelolaan Pendidikan. UIN SUSKA RIAU, Al- Fikra: Jurnal Ilmiah KeIslaman, Vol 8, No 2, Juli – Desember 2009




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ijiem.v3i1.8339

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Indonesian Journal of Islamic Educational Management

INDEXED BY:

       

IJIEM is published by Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Mailing Address:

Gedung PMU Lt. II Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau  
Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155, Pekanbaru - Riau 28293, Email: ijiem.mpi@uin-suska.ac.id

Creative Commons License
IJIEM is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats