Pelayanan Kepala Sekolah terhadap Tenaga Pendidik di Sekolah Dasar Negeri 01 Benteng Hulu Kecamatan Mempura Kabupaten Siak

M. Marzuki, I. Irawati

Abstract


Sesuai dengan judul diatas, Pelayanan kepala sekolah merupakan salah satu faktor yang dapat mendorong sekolah untuk dapat mewujudkan visi, misi, tujuan, dan sasaran sekolah melalui program-program yang dilaksanakan secara terencana dan bertahap. Oleh karena itu kepala sekolah dituntut trampil dalam memimpin agar mampu mengambil keputusan dan prakarsa yang tepat untuk meningkatkan layanan Sekolah. Berdasarkan pokok masalah yang penulis ambil yaitu bagaimana Pelayanan kepala sekolah terhadap tenaga pendidik di sekolah Dasar Negeri 01 Benteng Hulu Kecamatan Mempura Kabupaten Siak dan apa Faktor pendukung dan penghambat pelayanan kepala sekolah Dasar Negeri 01 Benteng Hulu Kecamatan Mempura Kabupaten Siak. Dalam mengumpulkan data menggunakan wawancara, angket dan dokumentasi, populasi disini yaitu kepala sekolah Dasar Negeri 01 dan guru-guru berjumlah 31 orang.

Seorang kepala sekolah dikatakan mampu melaksanakan tugasnya sebagai manejer dapat dikategorikan sebagai berikut yaitu Kepala sekolah melayani Tenaga Pendidik/kependidikan dengan sopan dan keramahtamahan, kepala sekolah memberikan kemudahan kepada Tenaga Pendidik/kependidikan dalam memberikan pelayanan, kepala sekolah memberikan kenyamanan dalam melayani Tenaga Pendidik/kependidikan, kepala sekolah menerima dan mempertimbangkan saran yang diberikan Tenaga Pendidik/ kependidikan, kepala sekolah melibatkan Tenaga Pendidik/ kependidikandalam menyusun program sekolah, kepala sekolah melibatkan Tenaga Pendidik/ kependidikan dalam membuat kebijakan sekolah, tenaga Pendidik/ kependidikan merasa puas ketika berurusan dengan kepala sekolah, kepala sekolah berkomunikasi dengan baik dengan Tenaga Pendidik/kependidikan.

Berdasarkan hasil penelitian yang penulis dapatkan bahwasanya Pelayanan Kepala Sekolah Terhadap Tenaga Pendidik di Sekolah Dasar Negeri 01 Benteng Hulu Kecamatan Mempura Kabupaten Siak dengan porsentase ( 63.35) dengan kategori “mampu” .

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi,Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Sistem, Jakarta: Rineka Cipta, 1998

Barata, Dasar-Dasar Pelayanan Prima, Jakarta; Rineka Cipta, 2003

Daryanto,H. M., Administrasi Pendidikan. Jakrta: Rineka Cipta, 2006

Faisal, Sanapiah, Penelitian Kualitatif: Dasar-Dasar dan Aplikasi, Malang: YAI, 1990

Gunawan, Ary,Administrasi Pendidikan. Yogyakarta: Asdi Mahastya, 2002

Kartini, Pengantar Metode Riset Sosial, Bandung; Mandar Maju, 1980

Koentjoroningrat,Metode Penelitian Masyarakat,Jakarta: Gramedia, 1993

Muda, Ahmad A.K., Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Jakarta: reality Publishen, 2006

Mulyasa, E, Kurikulum Berbasis Kompetensi, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2002

-------------,Menjadi Kepala Sekolah Yang Profesional,Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2006

-------------, Menjadi Kepala Sekolah yang Profesional, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007

-------------,Metode Penelitian Kualitatif; Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu,Sosial Lainnya, Bandung: Rosda Karya2002

Nasir, Moh,Metode Penelitian.Jakarta: Ghalia, 1988

Nata, Abudin,Filsafat Pendidikan Islam 1. Jakarta: Logos,Wacana, 1997

Prayitno, Wawasan Profesional Konseling. Padang: Universitas Negeri Pandang, 2009

Purwanto, Ngalim, Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Ruslan, Rosadi,Manajemen Public Relations dan Media komunikasi. Jakarta: Raja Grapindo Persada, 2007

Ridwan, Sakala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta, 2008

Sudarwan, Danim, Visi Baru Manajemen Sekolah. Bumi aksara. 2006

Sagala, Syaiful,Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2007

Soemanto, Wasty,Pendidikan Profesi bagi Pemimpin Pendidikan.Surabaya: Effest printing, 1990

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Sistem, Jakarta;RinekaCipta, 1998.

Suhertian, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan raktis, Jakarta: Renika Cipta, 1991

Undang-undang No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ijiem.v1i2.6650

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by: