Kepemimpinan: Analisis Kualitas Kepala SMA Negeri Plus Provinsi Riau

D. Darmawan, Karno Ariyanto

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas kepemimpinan kepala SMA Negeri Plus Provinsi Riau dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas kepemimpinannya. Peserta dalam penelitian adalah 2 orang guru, 1 orang tua siswa dan 1 orang dari komite sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi dan observasi. Analisa data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, model data, dan penarikan/verifikasi kesimpulan. Penelitian ini menemukan bahwa: a) Kepala sekolah memiliki visi dalam meningkatkan kualitas SMANe Plus Porvinsi Riau. b) Kepala sekolah memiliki integritas, namun kurang maksimal. c) Kepala sekolah sudah memiliki dedikasi yang tinggi. d) Kepala sekolah memiliki keluhuran budi namun belum dilaksanakan sepenuhnya. e) Kepala sekolah memiliki jiwa rendah hati. f) Kepala sekolah kurang memiliki sikap keterbukaan terhadap bawahan. g) Kepala sekolah memiliki kreativitas yang tinggi. h) Kepala sekolah sudah menerapkan keadilan dalam memimpin. i) Kepala sekolah memiliki ketegasan yang tinggi. j) Kepala sekolah kurang memiliki rasa humor. k) Latar belakang pendidikan kepala sekolah S2 Manajemen Pendidikan UNJ. l) Pengalaman menjabat sebagai kepala sekolah selama 13 tahun. m) Tipe kepemimpinan yang diterapkan situasional.

Full Text:

PDF

References


Imron Fauzi, Manajemen Pendidikan Ala Rasulullah, (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media), 2012.

Mulyasa, Kurikulum Berbasis Kompetensi Konsep Karakteristik dan Implementasi, (Bandung: PT. Remaja Rosda Karya), 2005.

Mulyono, Manajemen Administrasi dan Organisasi Pendidikan, (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media), 2008.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 28 Tahun 2010 Tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah/Madrasah

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah.

Sudarwan Danim, Kepemimpinan Pendidikan; Kepemimpinan Jenius (IQ+EQ), Etika, Perilaku Motivasional, dan Mitos, (Bandung: Alfabeta), 2010.

Sudarwan Danim, Visi Baru Manajemen Sekolah; Dari Unit Birokrasi ke Lembaga Akademik, (Jakarta: Bumi Aksara), 2008, h. 215

Wahjosumidjo, Kepemimpinan Kepala Sekolah; Tinjauan Teoretik dan Permasalahannya, (Jakarta: RajaGrafindo Persada), 2005.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ijiem.v1i2.6648

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by: