OPTIMALISASI PENGELOLAAN DAN PEMBELAJARAN BERBASIS ONLINE PADA LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DALAM MEWUJUDKAN WORLD CLASS UNIVERSITY

Nunu Mahnun

Abstract


Tulisan ini bertujuan untuk memaparkan tentang implementasi pembelajaran online dan optimalisasi pengelolaan pembelajaran berbasis online diperguruan tinggi Islam dalam mewujudkan world class university. Penulis menyimpulkan bahwa pemanfaatan pembelajaran berbasis online dalam perkuliahan sangat urgen dalam rangka mewujudkan world class university,  oleh karena itu perlu didukung oleh kesadaran akan pentingnya pemanfaatan sistem pembelajaran tersebut dari dosen di lingkungan perguruan tinggi Islam, peningkatan fasilitas dan  penumbuhan budaya terkait pemanfaatan pembelajaran berbasis online dikalangan mahasiswa sangat perlu. Pengelolaan pembelajaran online di beberapa perguruan tinggi Islam perlu  ditangani secara serius dan khusus,  agar pengelolaan pembelajaran berbasis online optimal maka  pengelola harus menjalankan tugas-tugas manajerial pembelajaran berbasis online dengan baik dengan berpegang pada prinsip-prinsip manajerial yaitu; 1) Memprioritaskan tujuan di atas kepentingan pribadi dan kepentingan mekanisme kerja, 2)  Mengkoordinasikan wewenang dan tanggung jawab, 3) Memberi tanggung jawab kepada bawahan harus sesuai dengan sifat-sifat dan kemampuannya, 4) mengenal secara baik faktor-faktor psikologi manusia, dan 5) Relativitas nilai-nilai.

Full Text:

PDF

References


Allan J. Henderson. (2003). The E-learning Question and Answer Book. USA: Amacom.

Badru Zaman, dkk. (2007). Media dan Sumber Belajar TK. Jakarta: Universitas Terbuka.

Clark dan Mayer. (2003). E-learning and the Science of Instruction. USA: Piffer.

Erika Kusumaputri. (2011). Program Holistik E-Learning di Perguruan Tinggi Islam. Yogyakarta: Jurnal Humanitas Vol. VIII. No.1.

https://documen.tips/documents/makalah-pengelolaan-pendidikandoc.html. h.11

Munir. (2010). Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Sharon E Smaldino, Deborah L Lowther dan James D Russell. (2007). Instructional Technology and Media for Learning (ninth Edition). New Jersey Columbus: Pearson.

Sobri, dkk. (2009). Pengelolaan Pendidikan. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Suharsimi Arikunto. (1990). Manajemen pengajaran secara Manusiawi. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ijiem.v1i1.5240

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by: