PENGARUH KEPALA SEKOLAH YANG BERJIWA WIRAUSAHA TERHADAP PENGEMBANGAN SEKOLAH

Mohd. Winario, I. Irawati

Abstract


Pendidikan merupakan hal yang sangat penting bagi kemajuan peradaban bangsa dan negara, dari pendidikan juga akan merubah dunia, sehingga untuk mencapainya, maka pendidikan harus ditata dan dikelola dengan baik dan teratur sesuai dengan fungsi fungsi manajemen, mulai dariĀ  perencanaan, pengorganisasian, melaksanakan, dan fungsi pengawasan, peran pengelola pendidikan disini menjadi penting untuk dilihat bagaimana mereka mengelola pendidikan yang dipimpinnya. Pada Penelitian ini penulis mengambil permasalahan tentang bagaimana pengaruh kepala sekolah yang berjiwa kewirausahaan terhadap pengembangan sekolah yang dipimpinnya. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan analisis deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kriteria kepala sekolah sesuai dengan Permendiknas No.13 tahun 2007, memiliki lima dimensi kompetensi, yaitu kepribadian, manajerial, kewirausahaan, supervisi, dan sosial salah satunya adalah memiliki jiwa kewirausahaan, sehingga setiap kepala sekolah/madrasah haru memiliki jiwa kewirausahaan ini dan Kepala sekolah adalah desicion maker dan regulator merupakan faktor penentu kesuksesan sekolah, sehingga jiwa kewirausahaan kepala sekolah untuk kemandirian dan pengembangan sekolah sangat diperlukan, selain kepala sekolah setiap stakeholder harus bersinergi untuk kemjuan dan pengembangan sekolah.

Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari. 2005. Kewirausahaan: Edisi Revisi, Bandung : Alfabeta.

Danim, Sudarman. 2002. Inovasi Pendidikan dalam Upaya Peningkatan Profesional Tenaga Kependidikan. Bandung : CV Bandung Pustaka Setia.

Hirsrich, Robert D., Peters, Michael P., dan Shepherd, Dean A. 2008. Entrepreneurship . Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Kasmir. 2011. Kewirausahaan. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Mulyasa. 2003. Menjadi Kepala Sekolah Profesional Dalam Menyuskseskan MBS dan KBK. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 13 Tahun 2007.

Sunyoto, Danang. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Center for Academic Publishing Service.

Suryana. 2003. Kewirausahaan: Pedoman Praktis, Kiat dan Proses Menuju Sekolah. Jakarta: PT. Salemba Empat.

Syaiful Sagala. 2009. Kepemimpinan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan, Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ijiem.v1i1.5239

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.