Pengaruh Pelatihan, Pengalaman Kerja, dan Reward terhadap Kinerja Tenaga Pendidik Pada Direktorat Pendidikan Nurul Islam Group Batam

Asrulla Asrulla

Abstract


Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan, pengalaman kerja, dan reward terhadap kinerja tenaga pendidik pada Direktorat Pendidikan Nurul Islam Group. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini sebanyak 52 responden tenaga pendidik di Direktorat Pendidikan Nurul Islam Group. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dianalisis dengan model regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan: 1) tidak terdapat pengaruh pelatihan terhadap kinerja tenaga pendidik secara parsial, 2) terdapat pengaruh pengalaman kerja terhadap tenaga pendidik secara parsial, 3) tidak terdapat pengaruh reward terhadap kinerja pendidik secara parsial, 4) terdapat pengaruh pelatihan dan pengalaman kerja terhadap kinerja tenaga pendidik secara simultan, 5) terdapat pengaruh pengalaman kerja dan reward terhadap kinerja tenaga pendidik secara simultan, 6) terdapat pengaruh pelatihan dan reward terhadap kinerja tenaga pendidik secara simultan, dan 7) secara bersamaan pelatihan, pengalaman kerja, dan reward berpengaruh terhadap kinerja tenaga pendidik. Hasil regresi linier berganda menunjukkan nilai Y= 2.964 - 0,005X1 +0,684X2 + 0.235X3.  Nilai R Square menunjukkan 0,720. Artinya, variabel bebas pelatihan (X1), pengalaman kerja (X2), dan reward (X3) memiliki pengaruh kontribusi sebesar 72 % terhadap variabel kinerja tenaga pendidik (Y), sedangkan sisanya sebesar 28% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar variabel X yang menjadi fokus penelitian.

Kata Kunci: Pelatihan, Pengalaman Kerja, Reward, Kinerja Tenaga Pendidik


Full Text:

PDF

References


Adolfina, Raymond Suak, and Yantje Uhing, ‘The Effect of Reward and Punishment on Employees Performance of Sutanraja Hotel Amurang’, Emba, 5.2 (2017), 1050–59

Bili, Wanceslaus, Erwin Resmawan, and Daud Kondorura, ‘Pengaruh Pengalaman Kerja Terhadap Laham Kabupaten Mahakam Ulu’, E-Journal Manajemen Universitas Udayana, 6.3 (2018), 465–74

Leatemia, Senda Yunita, ‘Pengaruh Pelatihan Dan Pengalaman Kerja Terhadap Kinerja Pegawai ( Studi Pada Kantor Badan Pusat Statistik Di Maluku )’, Jurnal Manis, 2.1 (2018), 1–10

Marnis & Priyono, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Sumber Daya Manusia, 2008

Van Scotter, James R., and Stephan J. Motowidlo, ‘Interpersonal Facilitation and Job Dedication as Separate Facets of Contextual Performance’, Journal of Applied Psychology, 81.5 (1996), 525–31

Simamora, Henry, ‘Manajemen Sumber Daya Manusia (Edisi 3)’, 2006

Sonnentag, Sabine, and Michael Frese, ‘Performance Concepts and Performance Theory’, Psychological Management of Individual Performance, January, 2005, 1–25

Suyanti, Esti, ‘Jurnal Manajemen Pendidikan Jurnal Manajemen Pendidikan’, Jurnal Manajemen Pendidikan, 2.1 (2011), 218–28 /lib.pasca.unpak.ac.id/index.php?p=show_detail&id=13426&keywords=keinovatifan>

Tjoen Hok, Thio, Aida Vitayala S Hubeis, and Sadikin Kuswanto, ‘Pengaruh Pelatihan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Kasus Perusahaan Distributor Alat Berat’, Sosiohumaniora, 16.2 (2014), 215




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ijiem.v5i1.16354

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Indonesian Journal of Islamic Educational Management

INDEXED BY:

       

IJIEM is published by Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Mailing Address:

Gedung PMU Lt. II Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau  
Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155, Pekanbaru - Riau 28293, Email: ijiem.mpi@uin-suska.ac.id

Creative Commons License
IJIEM is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats