Prinsip-prinsip Supervisi, Tipe/Gaya Supervisi, Komunikasi Dalam Supervisi Pendidikan dan Supervisi Pendidikan Islam

Milasari Milasari, Lias Hasibuan, Kasful Anwar Us, Hakmi Wahyudi, Hendra Saputra

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk  mengetahui: 1) prinsip-prinsip dalam Supervisi Pendidikan dan Supervisi Pendidikan Islam; 2) tipe atau gaya apa saja yang di terapkan dalam Supervisi Pendidikan; 3) bentuk dan tekhnik Komunikasi Dalam Supervisi dan supervisi Pendidikan Islam; dan 4) supervisi pendidikan Islam. Artikel ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan library research yaitu dengan menelaah sumber bacaan yang ada hubungannya dengan kajian yang di bahas, Serta dengan menggunakan studi dokumen hasil-hasil penelitian sebelumnya yang ada hubungannya dengan supervisi pendidikan dan supervisi pendidikan islam. Pengumpulan data di lakukan dengan menelusuri buku-buku bacaan, jurnal ilmiah yang terbit di google scholar, digital library, serta perpustakaan online perpustakaan kota tanjungpinang dan perpustakaan nasional (e-puspenas dan i-Tanjungpinang). Berdasarkan penjelasan yang sudah di paparkan, maka dapat di ambil kesimpulan sebagai berikut: 1) sebagai seorang supervisor harus memahami prinsip-prinsip atau azas supervisi pendidikan untuk dapat di gunakan sebagai landasan melaksanakan supervisi demi untuk mencapai kesuksesan. Adapun prinsip-prinsip supervisi pendidikan dan supervisi pendidikan islam menurut beberapa ahli dapat di rangkum kepada prinsip berikut: Ilmiah (scientific), demokratis,kooperatif (kerjasama),konstruktif, kreatif, keterbukaan, mencakup semuan unsur pendidikan, fundamental /dasar ,praktis,realistik, progresife, inovatif, bersifat memberikan bimbingan, bantuan, memberikan saran dan umpan balik, memberikan kesempatan untuk bertanya, dilakukan secara berkala, suasana yang harmonis antara supervisor dengan yang di supervisi; 2) dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, seorang supervisor dapat mengimplementasikan berbagai cara, gaya,  bentuk atau tipe supervisi pendidikan, untuk lebih memahami tentang tipe atau gaya supervisi pendidikan; 3) model-model komunikasi dalam supervisi pendidikan  :Model S-R, Model komunikasi Aristoteles,model komunkasi Lasswell, model komunikasi Shannon dan Weaver, model komunikasi David K.Berlo. Tekhnik komunikasi dalam supervisi pendidikan islam adalah : Qaulan sadidan, Qaulan baligha,Qaulan maisura,Qaulan Layyina, Qaulan Ma’rufa, dan Qaulan karima; dan 4) hakekat supervisi Pendidikan Islam adalah kegiatan supervisi pada umumnya  berkaitan dengan pendidikan islam, kegiatan supervisi pendidikan islam lebih menekankan kepada kegiatan pemberdayaan (Muqawwun) agar seluruh stackholder  pendidikan pada suatu lembaga pendidikan menjadi lebih berdaya dalam melaksanakan tugasnya masing-masing, Kegiatan pemberdayaan tidak terlepas dari kepala sekolah sebagai supervisor pada suatu lembaga pendidikan, kepala sekolah dituntut untuk dapat memberikan motivasi, pertolongan, bantuan, bimbingan dan arahan kepada semua guru dan stackholder sekolah lainnya dalam mengatasi segala permasalahan dalam pendidikan islam.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2004). Dasar-dasar supervisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Azhari, A. (2004). Supervisi rencana program pembelajaran. Jakarta, Rian Putra.

Azis, R. (2016). Pengantar Adminstrasi Pendidikan. Yogyakarta: Sibuku.

Changara, H. (2008). Pengantar Ilmu Komunikasi (Edisi 2). Jakarta: Rajawali Pers.

David, E. R., Sondakh, M., & Harilama, S. (2017). Pengaruh Konten Vlog dalam Youtube terhadap Pembentukan Sikap Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sam Ratulangi. Acta Diurna Komunikasi, 6(1).

Fiske, J. (2012). Pengantar ilmu komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Gunawan, A. H. (1996). Administrasi sekolah:(administrasi pendidikan mikro). Penerbit Rineka Cipta.

Hendrowati, T., & Istiani, A. (2018). Keterserapan Alumni Mahasiswa STKIP Muhammadiyah Pringsewu Lampung Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Kelitbangan Bappeda Pringsewu, 3(1), 69-76.

Kristiawan, M., Yuniarsih, Y., Fitria, H., & Refika, N. (2019). Supervisi pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Liliweri, A. (2020). Dasar-dasar komunikasi antar budaya. Yogyakarta :Pustaka Pelajar.

Mafri, A. (1999). Etika Komunikasi Massa dalam Pandangan Islam. Jakarta: PT. Logos Wacana Ilmu.

Muslimah, M. (2017). Etika Komunikasi dalam Persfektif Islam. Sosial Budaya, 13(2), 115-125.

Nahar, S., Saputra, E., & Anwar, K. (2020). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru si Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Halongonan Timur Kabupaten Padang Lawas Utara. EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan, 4(1).

Prasojo, D.L., Sudiyono. (2011). Supervisi Pendidikan. Yogyakarta: gava media.

Rachmawati, T. (2016). Supervisi Pendidikan Sebagai Upaya Meningkatkan Kinerja Guru. Coopetition, 7(1), 43.

Rahmat, J. (1996). Islam aktual: refleksi sosial seorang cendekiawan muslim. Bandung: Mizan.

Risnawati. (2011). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Sahertian, A. P. (2008). Konsep Dasar dan Teknik Supervisi. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Shihab, Q. M. (1997). Lentera Hati; Kisah dan Hikmah Kehidupan Cet. X. Bandung: Mizan.

Siddik, D. F. (2006). Konsep Dasar Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Citapustaka Media.

Sulhan, M. (2013). Supervisi Pendidikan: Teori dan Praktek Dalam Mengembangkan SDM Guru.

Supriadi, B. (2019). Hakikat Supervisi Dalam Pendidikan Islam. Indonesian Journal of Islamic Educational Management, 2(1), 1-11.

Suryani, C. (2015). Implementasi Supervisi Pendidikan dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran di MIN Sukadamai Kota Banda Aceh. JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 16(1), 23-42.

Vardiansyah, D. (2008). Filsafat ilmu komunikasi: suatu pengantar. Jakarta: Indeks.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ijiem.v4i2.13056

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Indonesian Journal of Islamic Educational Management

INDEXED BY:

       

IJIEM is published by Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Mailing Address:

Gedung PMU Lt. II Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau  
Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155, Pekanbaru - Riau 28293, Email: ijiem.mpi@uin-suska.ac.id

Creative Commons License
IJIEM is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats