Pentingnya Analisis Kebutuhan dalam Program Pendidikan dan Pelatihan berbasis IT bagi Guru PAI di Tengah Pandemi Covid’19

Nurul Qamariyah, Ali Nurhadi

Abstract


Era industri 4.0 mewajibkan semua kalangan untuk terus mengembangkan kompetensinya terutama dalam aspek IPTEK (ilmu pengetahuan dan teknologi). Jika tidak demikian, maka ia secara perlahan akan tergeser dan tergantikan bahkan terasingkan dari zaman. Karena, individu yang kompeten dan berdaya saing tinggilah yang dibutuhkan. Diklat menjadi solusi yang umum digunakan untuk mengembangkan kompetensi seseorang dalam menghadapi tugasnya. Analisis kebutuhan diklat menjadi tahap yang paling penting dalam penyelenggaraann diklat. Jika penetuan kebutuhan diklat kurang akurat, maka arah pelatihan akan menyimpang dan tidak terarah. Artinnya, pelatihan kurang efektif. Analisis kebutuhan diklat guru PAI menjadi suatu kegiatan mencari, menemukan, mencatat, dan memproses data terkait apa yang dibutuhkan guru PAI / peserta diklat, yang menjadi harapan guru PAI maupun lembaga. Analisis kebutuhan diklat guru PAI sangat penting apalagi di masa pandemi Covid-19. Karena, pembelajaran diselenggarakan secara berani. Maka, kebutuhan guru PAI akan semakin banyak. Dengan analisis kebutuhan diklat, maka akan diketahui kebutuhan apa saja yang harus dipenuhi atau diprioritaskan untuk mendukung profesionalisme guru PAI.


Full Text:

PDF

References


Fauzi, Ikka Kartika. A. Mengelola Pelatihan Partisipatif. Bandung: Al-Fabeta, 2011.

Kamil, Mustofa. Model Pendidikan dan Pelatihan (Konsep dan Aplikasi). Bandung: Al-Fabeta, 2012.

Nurhadi, Siti Nurjannah & Ali. Relevansi Tujuan dan Materi dalam Program Pendidikan dan Pelatihan Pengembangan Guru PAI di Era Digital, Indonesian Journal of Islamic Educational Management (IJIEM). DOI : http://dx.doi.org/10.24014/ijiem.v3i2.128. Volume.3. Nomor 2. 2020.

Nurhadi, Syaihol Amin & Ali. Urgensi Analisis Kebutuhan Diklat dalam Meningkatkan Kompetensi Guru PAI dan Budi Pekerti, Islamic Managemen : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. DOI: http://dx.doi.org/10.30868/im.v3i2.871. 2020.

Solichin, Mohammad Muchlis. Memotret Guru Ideal-Profesional; Harapan dan Tantangan di Tengah Arus Perubahan Sosial. Surabaya: Pena Salsabila, 2013.

Siswanto, Etika Profesi. Surabaya: Pena Salsabila, 2013.

Siswanto, Pendidikan Islam Dalam Dialektika Perubahan. Surabaya: Pena Salsabila, 2015.

Siswanto, Program Sertifikasi Guru (Antara Tuntutan Kesejahteraan dan Kualitas). Tadrîs. DOI: http://dx.doi.org/10.19105/jpi.v3i2.238. Volume. 3. Nomor 2. 2008

Uno, Hamzah. B. Profesi Kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2014.

PT. Idi Kajang Consultans dengan Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) Universitas DR.Soetomo, dalam "Laporan Kajian; Pedoman Penyusunan Analisis Kebutuhan Diklat (AKD) dan Identifikasi Kebutuhan Diklat (IKD)", 2011.

https://kbbi.web.id/analisis.html




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ijiem.v4i1.11647

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Indonesian Journal of Islamic Educational Management

INDEXED BY:

       

IJIEM is published by Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Mailing Address:

Gedung PMU Lt. II Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau  
Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155, Pekanbaru - Riau 28293, Email: ijiem.mpi@uin-suska.ac.id

Creative Commons License
IJIEM is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats