Peningkatan Hasil Belajar Unsur Intrinsik Cerpen Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Peserta Didik Kelas IX A4 MTsS Dar-El Hikmah Pekanbaru

Martalena Martalena

Abstract


Tujuan  penelitian ini adalah  meningkatkan hasil belajar unsur intrinsik cerpen melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Rancangan penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kemantapan rasional dari tindakan-tindakan yang dilakukan oleh pendidik sehingga hasil belajar lebih maksimal. Penelitian ini dilaksanakan dari akhir Agustus sampai awal September 2017. Penelitian dilaksanakan berdasarkan hasil tes pada Ulangan Harian I, yaitu pada Kamis  28 Juli 2017. Subjek penelitian ini adalah peserta didik Kelas IX A4 MTsS Dar El Hikmah Pekanbaru.  Peserta didik Kelas IX A4 MTsS Dar El Hikmah Pekanbaru terdiri atas perempuan. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian adalah lembar observasi, tes, dan dokumentasi yang dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif, baik secara individu maupun klasikal. Hasil penelitian menunjukkan pengunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw juga dapat meningkatkan hasil  pembelajaran pemahaman unsur intrinsik cerpen. Hal itu dapat dilihat dari hasil tes yang diperoleh peserta didik pada setiap siklus. Pada siklus I hasil tes peserta didik mengalami kenaikan 33.33%, sedangkan pada siklus II meningkat 11,11%. Jadi pada setiap siklus terdapat kenaikan hasil belajar yang signifikan

Keywords


Hasil Belajar Unsur Instrinsik Cerpen Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw

Full Text:

PDF

References


Abdul Hadis, Nurhayati B. (2010). Psikologi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Anas Sudijono. (2004). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Depdiknas. (2004). Rambu-rambu Penetapan Ketuntasan Belajar Minimum dan Analisis Hasil Pencapaian Standar Ketuntasan Belajar. Jakarta: Depdiknas.

Ekawarna. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: GP Press.

IGAK Wardhani, dkk. (2007). Penelitian Tindakan Kelas, Cet. 22. Jakarta: Universitas Terbuka.

Iskandar. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press.

Lexi J. Maleong. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif, Rev.Ed. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Masgami. (2011). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Peserta didik Kelas VII A SMP Negeri 6 Bangkinang. (Tesis). Program Pascasarjana. Universitas Negeri Padang.

Mega Budiawan. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Ilmu Fisiologi Olahraga. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 2(1).

Muslikah. (2010). Sukses Profesi Guru dengan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: PT. Interprebook.

Rusdin. (2007). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Lanarka Pibilisher.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v3i1.9605

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.