Penerapan Disiplin Melalui Budaya Sekolah pada Siswa Kelas IX MTs Ponpes Islam Al Iman Muntilan

Munaya Ulil Ilmi

Abstract


This study aims to describe the Discipline Implementation Through the Culture of School to the Students of IX Class of MTs Ponpes Islam Al Iman Muntilan. This research is a descriptive qualitative research. The results showed that the Discipline Implementation Through the Culture of School to the Students of IX Class of MTs Ponpes Islam Al Iman Muntilan was implemented by establishing school rules, inside and outside the classroom, accustoming positive things such as memorizing the Al-Quran before starting learning, giving punishment to students who violate rules, as well as giving awards such as praise, sashes, and even certificates to students who adopt a culture of discipline with full awareness. Principals, teachers, and other authorities assertively handle undisciplined students.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan disiplin melalui budaya sekolah pada siswa kelas IX MTs Ponpes Islam Al Iman Muntilan. Penelitian ini ialah penelitian kualitatif jenis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapab disiplin melalui budaya sekolah pada siswa kelas IX MTs Ponpes Islam Al Iman muntilan dilaksanakan dengan cara menetapkan peraturan sekolah, di dalam, dan diluar kelas, membiasakan hal positif seperti menghafal Al Quran sebelum memulai pembelajaran, memberikan hukuman kepada siswa yang melanggar peraturan, serta memberikan penghargaan seperti pujian, selempang, bahkan serfitikat kepada siswa yang menerapkan budaya disiplin dengan penuh kesadaran. Kepala sekolah, guru, serta pihak yang berwajib lainnya dengan tegas memberikan penanganan kepada siswa yang tidak disiplin.


Keywords


Disiplin, Budaya Sekolah, Siswa

Full Text:

PDF

References


Badrudin. (2014). Manajemen Peserta Didik. PT INDEKS.

Karmidah. (2007). Budaya Sekolah pada SMP Berprestasi (Studi Kasus: Pola Interaksi Pemangku Kepentingan dan Terbentuknya Budaya Sekolah pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Piyungan Kabupaten Bantul, Provinsi DIY. Jurnal Ilmu Pendidikan Universitas Indonesia.

Kurniawan, S. (2013). Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Implementasinya secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, dan Masyarakat. Ar-Ruzz Media.

Masaong, K., & Tilomi, A. (2011). Kepemimpinan Berbasis Multiple Intelligence (Sinergi Kecerdasan Intelektual, Emosional dan Spiritual untuk Meraih Kesuksesan yang Gemilang). Alfabeta.

Rahmat, P. S. (2009). Penelitian Kualitatif. Equilibrium, 5(9), 2.

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2015). Perilaku Organisas (16th ed.). Salemba Empat.

Sofan Amri, dkk. (2011). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran. Prestasi Pustaka.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.

Wibowo, A. (2013). Manajemen Pendidikan Karakter di Sekolah (Konsep dan Praktik Implementasi). Pustaka Belajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v3i3.11528

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.