Analisis Mekanisme Pasar Menurut Perspektif Islam di Kabupaten Mandailing Natal

Erni Yusnita Siregar

Abstract


Penelitian ini berjudul “Analisis Mekanisme Pasar (Menurut Perspektif Islam di Kabupaten Mandailing Natal)”. Adapun latar belakang penelitian ini adalah bahwa pasar merupakan elemen penting dalam ekonomi yang dapat mewujudkan kemaslahatan dan kesejahteraan hidup manusia. Namun pada kenyataanya pasar yang selama ini berkembang khususnya di Indonesia hanya tertuju pada upaya pemaksimalan untuk mencari keuntungan sebesar-besarnya semata dan cenderung terfokus pada kepentingan sepihak. Untuk itu peneliti melakukan studi pustaka terhadap mekanisme pasar menurut perspektif Islam khususnya di Kabupaten Mandailing Natal Agar mekanisme pasar dapat berjalan dengan baik dan memberikan mutual goodwill bagi para pelakunya, maka nilai – nilai moralitas mutlak ditegakkan. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif analisis yaitu suatu metode yang meneliti status kelompok manusia, objek, suatu kondisi, suatu sistem pemikiran, ataupun suatu kelas peristiwa pada masa sekarang dengan tujuan membuat deskripsi, gambaran atau lukisan sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat, serta hubungan antara fenomena yang diselidiki. Maka penelitian ini menghasilkan temuan bahwa: Mekanisme pasar yang sesuai dengan perpektif Islam yaitu mekanisme pasar yang sesuai dengan syariat Islam dengan menerapkan nilai syariah dalam prespektif mikro yang menekankan aspek kompetensi/ profesionalisme dan sikap amanah, sedangkan dalam prespektif makro  nilai-nilai syariahnya menekankan aspek distribusi, pelarangan riba dan kegiatan ekonomi yang tidak memberikan manfaat secara nyata kepada sistem perekonomian serta melibatkan pemerintah sebagai pengawas yang memberikan pengaturan maupun pelaksanaan kegiatan ekonomi yang tidak mampu dilaksanakan oleh masyarakat.


Full Text:

PDF

References


Karim, Adiwarman A, Ekonomi Islam Suatu Kajian Kontemporer, Jakarta : Gema Insani Press, 2003

Karim, Adiwarman.A, Ekonomi Mikro Islam, Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2010

M. Nur Rianto Al Arif, Euis Amalia, Teori Mikroekonomi, Jakarta: Kencana, 2010

Muhammad, Ekonomi Mikro Islam, Yogyakarta:BPFE, 2016

Pusat Pengkajian dan Pengembangan Ekonomi Islam (P3EI), Ekonomi Islam. Rajawali Pers. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2009

Rozalinda, Ekonomi Islam Teori dan Aplikasinya pada Aktivitas Ekonomi, Raja Grafindo Persada Jakarta, 2014

Syafii Antonio, Muhammad, Bank Syariah dari Teori ke Praktek. Gema Insani:Jakarta, 2001

Saifudin Aswar, Metode Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset, 1998

T.Gilarso, Pengantar Ilmu Ekonomi Makro, Yogyakarta: Kanisius, 2004

Yuniarti, Vinna Sri, Ekonomi Mikro Syariah, Bandung: Pustaka Setia, 2016




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ibf.v1i1.9486

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office Board :

Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sultan Syarif Kasim Riau
Jl. HR. Soebrantas KM. 15,5 Panam - Pekanbaru

https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/IBF/index


 

Creative Commons LicenseIBF by https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/IBF/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats