Mengelola Tambang Emas di Daerah Kabupaten Mandailing Natal Menurut Islam

Edi Marjan Nasution

Abstract


Penelitian ini berjudul“Pengelolaan Sumber Daya Alam (Menurut Islam di Kabupaten Mandailing Natal)”. Adapun latar belakang penelitian ini adalah bahwa sumber daya alam merupakan potensi kekayaan bumi penyumbang devisa negara, oleh karena itu pengelolaannya harus beroreantasi pada kemaslahantan umat. Menurut hemat peneliti pengelolaan sumber daya alam di Indonesia mengalami permasalahan sehingga tidak signifikan untuk kemaslahatan dan kesehateraan sosial. Metode deskriptif analisis adalah suatu metode yang meneliti status kelompok manusia, objek, suatu kondisi, suatu sistem pemikiran, ataupun suatu kelas peristiwa pada masa sekarang dengan tujuan membuat deskripsi, gambaran atau lukisan sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat, serta hubungan antara fenomena yang diselidiki. Rumusan penelitian ini dipandang penting guna menjawab bagaimana pengelolaan sumber daya alam secara islam dan pengelolaan sumber daya alam yang diterapkan di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskreptif yang berdasarkan dari kenyataan tentang konsep pengelolaan sumber daya alam di Kabupaten Mandailing Natal. Proses analisis dilakukan dengan pendekatan filosofi dengan metode deskriptif, analitis dan heuristika dengan maksud semua data primer dan sekunder untuk meningkatkan pemahaman terhadap masalah analisis. Maka penelitian ini menghasilkan temuan bahwa: sumber daya alam harus dipandang sebagai kepemilikan umum yang pengelolaannya diberikan kepada Negara. Kedua, Seandainya Negara tidak mampu mengelola sumber daya alam karena keterbatasan sumber daya lainnya maka Negara boleh mempekerjakan pihak lain dan akan dibayar sesuai dengan jasa yang dilakukan.


Full Text:

PDF

References


Abdul Mannan, Teori dan Praktek Ekonomi Islam,terj, M. Nastangin. PT.Dana Bakti Prima Yasa, Yogyakarta,1997.

Al Qur’an dan Terjemah, Depag, RI.2007.

Arim Nasim, Majalah al-Wa’ei No. 158 Tahun XIV Periode 1-30 Oktober 2013.

Assayyid Iman Muhammad bin Isma’il al Kahlani, Subulussalam, Dahlan, Bandung, tt.

Efendi, Perlindungan Sumberdaya Dalam Islam, Jurnal Kanun Ilmu Hukum, No.55,Th.XII. 2011.

Fransisca Emilia, Pengelolaan Sumber Daya Alam Berbasis Masyarakat Dalam Upaya Konservasi Daerah Aliran Sungai (tesis), 2013.

Lidyawati Kartika,Tesis Analisis Kepuasan Kerja Karyawan Melalui Fakto Faktor Quality Of Work Life (QWL) Pada PT. PERTAMINA (Persero) Perkapalan, Universitas Indonesia, Jakarta. 2009.

Muhammad Ismail Yusanto dan M. Arif Yunus, Pengantar Ekonomi.

Muhammad, Metodologi Penelitian Ekonomi Islam, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2008.

Saifudin Aswar,Metode Penelitian, Pustaka Pelajar Offset, Yogyakarta, 1998.

Taqiyuddin an-Nabhani, Nizham al Iqtishadi fil Islam (terj), Hizbut Tahrir Pres, Jakarta, 2010.

Wahyu Nazri, Jurnal Pengelolaan Sumber daya Alam dan Lingkungan, Metode Pengaturan Hasil Berdasarkan Jumlah Pohon Dalam Pengelolaan Hutan Rkyat Pada Tingkat Pemilik Lahan.Vol. 9 No.4, 2009.

Veithzal Rivai dan Andi Buchari, Islamic Economics (Ekonomi Islam Bukan Opsi. Tetapi Solusi). Bumi Aksara, Jakarta, 2010.

Yahya Abdurrhman,Majallah al-Wa’ie no. 148 Tahun XIII, Edisi 1-31 Desember 2012.

Yusuf Qardhawy, Norma dan Etika Ekonomi Islam(terj) Gema Insani Pres, Jakarta, 1997




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ibf.v1i1.9372

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Indexed by :