ANALISIS MANAJEMEN PENGGUNAAN DANA BANK BERDASARKAN USE OF FUND BY PRIORITY DALAM MENGOPTIMALKAN PROFITABILITAS PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA

Nur Hasanah Bustam

Abstract


Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh manajemen penggunaan dana berdasarkan sisi prioritas (Use of Funds by Priority) dalam meningkatkan profitabilitas perbankan syariah di Indonesia dari tahun 2011-2015 . Jumlah sampel dalam penelitian ini ada 12 Bank Umum Syariah dan 22 Unit Usaha Syariah. Metode analsis data yang digunakan  adalah analisa regresi linier berganda dengan pengujian asumsi klasik dan pengujian hipotesis dari uji F, uji-t dan uji R2. Berdasarkan uji F dihasilkan bahwa secara simultan variabel penempatan dana pada giro wadhiah di BI, penempatan dana pada SWBI/SBIS, penempatan dana pada bank syariah lain, pembiayaan mudharabah, pembiayaan murabahah, dan investasi surat berharga berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas bank syariah di Indonesia. Sedangkan secara parsial dengan uji-t dihasilkan bahwa penempatan dana Giro Wadhiah pada BI, penempatan dana pada bank syariah lain, dan investasi pada surat berharga tidak berpengaruh terhadap profitabilitas perbankan syariah di Indonesia. Sementara penempatan dana pada SWBI/SBIS dan pembiayaan mudharabah berpengaruh negatif signifikan terhadap profitabilitas perbankan syariah di Indonesia. Sedangkan pembiayaan murabahah berpengaruh positif signifikan terhadap profitabilitas perbankan syariah di Indonesia. Berdasarkan uji R2dihasilkan bahwa kontribusi variable independent terhadap variabel dependent sebesar 68,9% sedangkan sisanya 31,1%  dipengaruhi oleh factor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh manajemen penggunaan dana berdasarkan sisi prioritas (Use of Funds by Priority) dalam meningkatkan profitabilitas perbankan syariah di Indonesia dari tahun 2011-2015 . Jumlah sampel dalam penelitian ini ada 12 Bank Umum Syariah dan 22 Unit Usaha Syariah. Metode analsis data yang digunakan  adalah analisa regresi linier berganda dengan pengujian asumsi klasik dan pengujian hipotesis dari uji F, uji-t dan uji R2. Berdasarkan uji F dihasilkan bahwa secara simultan variabel penempatan dana pada giro wadhiah di BI, penempatan dana pada SWBI/SBIS, penempatan dana pada bank syariah lain, pembiayaan mudharabah, pembiayaan murabahah, dan investasi surat berharga berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas bank syariah di Indonesia. Sedangkan secara parsial dengan uji-t dihasilkan bahwa penempatan dana Giro Wadhiah pada BI, penempatan dana pada bank syariah lain, dan investasi pada surat berharga tidak berpengaruh terhadap profitabilitas perbankan syariah di Indonesia. Sementara penempatan dana pada SWBI/SBIS dan pembiayaan mudharabah berpengaruh negatif signifikan terhadap profitabilitas perbankan syariah di Indonesia. Sedangkan pembiayaan murabahah berpengaruh positif signifikan terhadap profitabilitas perbankan syariah di Indonesia. Berdasarkan uji R2 dihasilkan bahwa kontribusi variable independent terhadap variabel dependent sebesar 68,9% sedangkan sisanya 31,1%  dipengaruhi oleh factor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.


Full Text:

PDF

References


Ahmad, Emilia, 2013, Analisis Sumber dan Penggunaan Dana pada PT Bank Negara Indonesia, Penerbit Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo

Ghozali, Imam, 2005, Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program SPSS, Edisi 3, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Gujarati, Damodar N, 1997, Ekonometrika Dasar, Edisi Indonesia, Alih Bahasa oleh DR. Sumarno Zain, Erlangga, Jakarta

Husnan, Suad, 2001, Dasar-Dasar Teori Portofolio dan Analisis Sekuritas, Penerbit AMPYKPN, Yogyakarta.

Iqbal, Zamir dan Abbas Mirakhor, 2008, Pengantar Keuangan Islam, Teori & Praktek, Kencana Prenada Media Group, Jakarta.

Iwata, Yustra, Alsa, 2004, Pengaruh Kualitas Asset Dan Liabilitas Terhadap Kinerja Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi Program Magister Manajemen, Universitas Diponegoro, Semarang

Jogiyanto, 2003, Teori Portofolio dan Analisis Investasi, BPFE, Jogyakarta.

Kasmir, 2008, Manajemen Perbankan, Penerbit Raja Grafindo, Jakarta.

Laporan Statistik Perbankan Syariah Indonesia, Bank Indonesia, 2015

Martono, 2002, Bank dan Lembaga Keuangan Lain, Penerbit Ekonisia, Yogyakarta.

Masodah, Nurul Hidayah, 2012, Pengaruh Alokasi Penempatan Dana pada optimalisasi Muqobalah Perbankan Syariah Di Indonesia, Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma , Jakarta.

Messy Febriana, Pengaruh Penempatan Pada Bank Indonesia, Penempatan Pada Bank Lain Dan Investasi Pada Surat Berharga Terhadap Profitabilitas Pada Bank Umum Syariah Di Bank Indonesia Periode 2009-2012, Fakultas Ekonomi Universitas Maritim Raja Ali Haji, Tanjung Pinang, 2013.

Rivai, Veitzal, 2010, Islamic Banking, Sistem Bank Islam Bukan Hanya Solusi Menghadapi Krisis Namun Solusi Dalam Menghadapi Berbagai Persoalan Perbankan & Ekonomi Global, PT. Bumi Aksara, Jakarta.

Rodoni, Achmad dan Abdul Hamid, 2008, Lembaga Keuangan Syariah, Zikrul Hakim, Jakarta.

Setia, Lukas atmaja, 2008, Teori & Praktek Manajemen Keuangan, Penrbit Andi, Yogyakarta.

Siamat, Dahlan, 2004, Manajemen Lembaga Keuangan Kebijakan Moneter dan Perbankan, LPFE UI, Jakarta.

Sugiono, 2007, Statistika untuk Penelitian, Penerbit CV. Alfabeta, Bandung.

Sutrisno, 2005, Manajemen Keuangan, Teori, Konsep dan Aplkasi, Ekonisia, Fakultas Ekonomi UII, Yogyakarta.

Syafii, Antonio, 2011, Bank Syariah dari Teori ke Praktek, Penerbit Gema insani Press, Jakarta.

Utari, Dewi, Ari Purwanti, 2014, Manajemen Keuangan, Kajian Praktek dan Teori dalam Mengelola Keuangan Organisasi Perusahaan, Penerbit Mitra Wacana Media, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats