PENGARUH LABEL SYARIAH PADA HOTEL TERHADAP JUMLAH PENGUNJUNG HOTEL SRI INDRAYANI PEKANBARU

Ika Ernita Sari, Husni Fuaddi, Yahanan Yahanan

Abstract


       Penelitian ini diangkat dengan latar belakang bisnis perhotelan yang mengalami perkembangannya terbagi atas dua, yaitu perhotelan yang bersifat konvensional dan syariah. Dengan cara konvensional, memang bisa sukses, tetapi kalau rugi maka benar-benar akan merugi tetapi mendapat balasan dari Allah SWT. Berdasarkan batasan masalah yang ada, maka yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian adalah: Apa saja indikator syariah yang diperaktekan di hotel Sri Indrayani? bagaimana pengaruh penggunaan label syariah pada hotel terhadap jumlah pengujung hotel Sri Indrayani? Penellitian ini menggunakan data Primer yaitu data yang diperoleh langsung dari objek yang akan diteliti. Dan data skunder yaitu diperoleh lembaga atau institusi tertentu, seperti biro dan lain-lain. Dalam Penelitian ini yang dijadikan subjek adalah pengelolah hotel dan pengunjung hotel, objeknya adalah pengaruh label syariah terhadap jumlah pengunjung hotel Sri Indrayani Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung dan karyawan Hotel Sri Indrayani Pekanbaru yang berjumlah 41 orang. Hasil penelitian bahwa indikator Syariah yang di peraktekan di Hotel Sri Indrayani Pekanbaru yaitu tidak menerima pasangan yang bukan muhrim dan tidak menyediakan makanan non halal. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dengan mengkaji syarat dan ketentuan Hotel Sri Indrayani Pekanbaru, maka dapat dipaparkan bahwa syarat telah sesuai dengan syariat Islam. Dan Pengaruh penggunaan Lbel syariah pada Hotel Sri Indrayani Pekanbaru yaitu pengunjung yang menginap menjadi tenang dan meningkat banyak artinya dari tahun ketahun pengunjung yang menginap semangkin meningkat.  


Full Text:

PDF

References


Angipora, Marinus, Dasar-dasar pemasaran, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2010.

Silondae, Akbar, Arus dan Fariana Andi, Aspek Hukum dalam Ekonomi Bisnis, Jakarta: Mitra Wacana Media, 2013.

Basalamah Anwar, Hadirnya Kemasan Syariah Dalam Bisnis Perhotelan Di Tanah Air , US Business Review Vol. 2 No. 2 Jakarta Barat: November 2011.

Departemen Agama RI, Al-Quran dan terjemahan, Bandung: Diponegoro, 2009.

Gafftar, vanessa, CRM Dan MPR Hotel Customer Relationship Management and Marketing Public Relations. Bandung: Alfabeta, 2011.

Fauzia Yunia Ika & Riyadi Kadir Abdul, Prinsip Dasar Ekonomi Islam Perspektif Maqashid al-Syari’ah, Jakarta: Kencana Prenadamedia Group, 2014.

Hafidhuddin Didin, Tanjung Hendri, Manajemen Syariah dalam Praktik, Jakarta:

Gema Insani Press, 2017.

Harian Republika, Bisnis Berbendera Islam Laris Manis, Senin, 07 Februari 2013.

Janitra Rayhan M., Hotel Syariah Konsep dan Penerapan, Depok: Raja Grafindo Persada, 2011.

Kartajaya, Hermawan & Muhammad Syakir, Syariah Marketing, Jakarta: Mizan Pustaka, 2016.

Kotler Philip dan Keller Lane Kevin, Manajemen Pemasaran, Bob Sabran, Jilid 1, Jakarta: Erlangga, 2009.

Kotler Philip, Manajemen Pemasaran, Jakarta: Prenhallindo, 2012.

Kertamukti Rama, Strategi Kreatif dalam Periklanan, Jakarta: Rajawali Per,2015.

Mudhafier Fadhlan, Makanan Halal, Jakarta: Zakia Press, 2017.

Mardani, Hukum Bisnis Syariah, Jakarta: Prenadamedia Group, 2014.

Perwani Sri, Yayuk, Teori Pertunjukan Praktek Housekkeping Make Up Room Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2016.

Pratomo Aditya dan Subakti Gita Agung, Analisis Konsep Hotel Syariah Pada Hotel Sofyan Jakarta Sebagai World’s Best Family Friendly Hotel, J-Stp Vol. 2 No. 3, P Oktober 2017.

Richard, Komar, Hotel Management Jakarta: PT. Grasindo, 2010.

Sumar’in, Ekonomi Islam Sebuah Pendekatan Ekonomi Mikro Perspektif Islam, Yogyakarta: Graha Iimu, 2013.

Sofyan Riyanto, Bisnis Syariah Mengapa Tidak?, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2011.

Susepti Amalia dan Andriani


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats