ANALISA PENDAPATAN DAN GAYA HIDUP TERHADAP POLA KONSUMSI MASYARAKAT SINGOSAREN PONOROGO

Rurin Dewi Anggraini

Abstract


Penelitian ini dilakukan karena melihat banyaknya masyarakat islam yang berperilaku konsumtif dan tidak lagi memperhatikan syariatnya sebagai seorang muslin. Banyaknya faktor yang mempengaruhi konsumsi masyarakat mendorong peneliti untuk mengetahui bagaimana pengaruh faktor pendapatan dan gaya hidup, Singosaren Ponorogo dan untuk mengetahui faktor manakah yang paling berpengaruh terhadap konsumsi masyarakat tersebut sebagai masyarakat muslim.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu Masyarakat Singosaren Ponorogo yang mempunyai pendapatan tetap dan telah bekerja tiga tahun keatas. Dengan menggunakan teknik wawancara atau interview, dengan jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan analisi deskriptif dengan pengujian hipotesis dilakukan sengan analisis regresi linear berganda dengan metode SPSS 21.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendapatan dan gaya hidup berpengaruh positif dan sugnifikan terhadap konsumsi masyarakat Singosaren Ponorogo. Namun variabel pendapatan memiliki pengaruh paling dominan terhadap konsumsi masyarakat Singosaren Ponorogo. Dari hasil regresi, koefisien relasi (R) menunjukkan bahwa variabel bebas(pendapatan dan gaya hidup) memiliki hubungan yang erat dengan variabel terikat (konsumsi masyarakat), sedangkat koefisien determinasi (R²) menunjukkan adanya pengaruh yang besar antara variabel bebas dengan variabel terikat. Konsumsi yang dilakukan masyarakat Singosaren berlandaskan syariat islam yaitu bersumber dari Al-Quran dan As-Sunnah sesua pemahaman Salaf Ash-Shalih (Manhaj Ahlusummah WalJamaah).


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats