KOMUNIKASI WORDS OF MOUTH DALAM BIDANG PEMASARAN : Sebuah Kilas Balik Teori

Hendra Riofita, Mugi Harsono

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penulisan dari artikel ini adalah untuk menjelaskan tentang perkembangan teori komunikasi khususnya teori komunikasi massa dalam memunculkan teori WOM (Words of Mouth) atau komunikasi dari mulut ke mulut yang sering diterapkan sebagai salah satu strategi komunikasi pemasaran dalam memasarkan produk. Metode yang digunakan oleh Penulis adalah metode studi pustaka dengan merangkum dan menyusun berbagai literatur tentang  teori komunikasi massa yang berkaitan dengan teori WOM. Adapun teori komunikasi massa yang diangkat dalam artikel ini dimulai dari teori jarum hipodermik, teori one-step flow modle, teori two-step flow modle, teori multy-step flow modle, teori limited effect dan teori WOM itu sendiri. Pada bagian akhir setiap pembahasan teori ditunjukkan bahwa teori-teori tersebut memang memiliki hubungan denga teori WOM. Kesimpulan dari artikel ini adalah bahwa teori WOM memang tidak bisa dilepaskan dari teori komunikasi massa.

Kata Kunci: Komunikasi, Komunikasi Massa, WOM


Keywords


Komunikasi; Komunikasi Massa; WOM

Full Text:

PDF

References


Aheame Michael, Douglas E. Hughes. Niels Schillewaert, 2007. Why Sales Reps Should Welcome Information Technology: Measuring the Impact of CRMbased IT on Sales Effectiveness. Intern. J. of Research in Marketing 24 336-349.

Ardianto dan Erdinaya, 2004. Komunikasi Suatu Pengantar, Bandung : Simbiosa Rekatama Media

Arifin, Anwar, 2011. Komunikasi Politik Filsafat-Paradigma-Teori-Strategi dan Komunikasi Politik Indonesia, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Bauer, Raymond A. dan Kenneth J. Gergen, 1968. The Study of Poliicy Formation the Free Press, a Division of Macmilan, Inc

Blackwell, R., et al., 2001. Consumer Behavior. 9th ed. Orlando: Harcourt.

Brown, et al., 2005. Spreading The Words : Investigating Antecedents of Customer’s Positive Word of Mouth Intention And Behavior in Retailing Context, Academy of Marketing Science Journals, Vol.33, no 2, p.123-138

Cengiz dan Yayla, 2007. The Effect of Marketing Mix on Positive Word of Mouth Communication: Evidence from Accounting Offices in Turkey, Journal of Innovative Marketing, Vol. 3. No. 4, p. 73-82.

Chew, Patricia and Wirtz, Jochen, 2001. The Effects of Incentives, Deal Proneness, Satisfaction and Tie Strength on Word-of-Mouth Behavior. Research Paper Series, NUS Business School, National University of Singapore.

Dye, Renee, The Buz on Buz, Harvard Business Review, November/December, 2000, pp. 139-146

Harrison–Walker, L. Jean, 2001. The Measurement of Word-of-Mouth Communication and an Investigation of Service Quality and Customer Commitment as Potential Antecedents. Journal of Service Research, 4(1) Agustus, hal. 60–75.

Kotler, Philip, 2002. Manajemen Pemasaran, Edisi Millenium, Jilid 2, PT Prenhallindo, Jakarta

Kotler, Philip dan Keller, 2007. Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi Kedua Belas, PT. Indeks, Jakarta.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane, 2009. Manajemen Pemasaran Jilid 1 Edisi Ketiga Belas, Terjemahan Bob Sabran, MM., Jakarta: Penerbit Erlangga.

Lunardi, A.G., 1994. Komunikasi Mengena: Meningkatkan Efektifitas Komunikasi Antar Pribadi. Yogyakarta: Kanisius.

Majalah Marketing Mix edisi 11 April-10 Mei 2007

Marsha L. Richins and Teri Root-Shaffer, 1988. The Role of Evolvement and Opinion Leadership in Consumer Word-Of-Mouth: an Implicit Model Made Explicit, in NA - Advances in Consumer Research Volume 15, eds. Micheal J. Houston, Provo, UT : Association for Consumer Research, Pages: 32-36.

Marsha L.Richins, 1984. Word of Mouth Communication as Negative Information. Advances in Consumer Research. Vol. 11, ed, 697-702.

Mostafa, 2007. Gender Differences in Egyptian Consumers’ Green Purchase Behavior: The Effects of Environmental Knowledge, Concern and Attitude, International Journal of Consumer Studies, 31(3), pp. 220-229.

Nurudin. 2004. Komunikasi Massa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Nurudin. 2007. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada.

Payne, Adrian, 2000. Pemasaran Jasa, The Essence of Service Maerketing, Andi Yogyakarta

Schramm, Wilbur, 1995. The Process Effect Of Mass Communication, University Of Illinois Press Urbana

Sernovitz, Andy. 2006. Word Of Mouth Marketing: How Smart Companies Get People Talking. Chicago: Kaplan Publishing

Silverman, George, 2001. The Secret of Word-Of-Mouth Marketing: How to Trigger Exponential Sales Through Runaway Word of Mouth. AMACOM, United states of America

Vibiznews-Sales & Marketing, 2007. Buzz Marketing, Paling Efektif di Indonesia, Journal Phpvbis Emosional Benefit.htm, 25 Oktober 2007.

Wirtz, Jochen and Patricia Chew, 2002. The Effects of Incentives, Deal Proneness, Satisfaction And Tie Strength on Word of Mouth Behaviour, International Journal of Service Industry Management, 13, 2; ABI/INFORM Global, p. 141-162.

Wiryanto, 2000. Teori Komunikasi Massa, Jakarta, Gramedia Widiasarana Indonesia




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ekl.v2i2.8451

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Eklektik : Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan



Diindeksasi Oleh :

         

Alamat Redaksi :

Prodi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tampan Pekanbaru 28293 Riau, Indonesia.

Email: eklektik.pe@uin-suska.ac.id

Link Journal : http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/EKLEKTIK

View My Stats