Pendidikan Kewirausahaan Dan Efikasi Diri Terhadap Kesiapan Berwirausaha Mahasiswa

Lupitasari Eka Yuli

Abstract


Pendidikan kewirausahaan merupakan modal yang sangat dibutuhkan untuk menjadi seorang wirausaha. Namun bukan hanya pendidikan saja yang dibutuhkan untuk menjadi seorang wirausaha namun juga efikasi diri atau keyainan pada diri sendiri juga sangat mempengaruhi kesiapan untuk menjadi seorang wirausaha. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Adakah pengaruh pendidikan kewirausahaan dan efikasi diri terhadap kesiapan berwirausaha mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Semester VI STKIP PGRI Tulungagung”
Metode pengumpulan data masing-masing variabel menggunakan angket kuesioner. Instrumen yang digunakan berupa pernyataan dengan jawaban yang telah disediakan dengan penskoran jawaban 5=sangat setuju, jawaban 4 = kurang setuju, jawaban 3= ragu-ragu, jawaban 2= tidak setuju, dan jawaban 1 = sangat tidak setuju, jumlah pernyataan masing-masing variabel 20 pernyataan sehingga nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 20.
Dari analisi data terbukti bahwa bahwaFhitung (88,510) > Ftabel(3,10) dan tingkat signifikan 0,000 ˂ 0,05. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat dinyatakan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan pendidikan kewirausahaan (X1) dan efikasi diri (X2) terhadap kesiapan berwirausaha (Y) mahasiswa prodi pendidikan ekonomi semester VI STKIP PGRI Tulungagung tahun akademik 2017/2018


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ekl.v1i2.7102

Refbacks



Copyright (c) 2019 Eklektik : Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan



Diindeksasi Oleh :

         

Alamat Redaksi :

Prodi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tampan Pekanbaru 28293 Riau, Indonesia.

Email: eklektik.pe@uin-suska.ac.id

Link Journal : http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/EKLEKTIK

View My Stats