Implementasi Paradigma Integratif Interkonektif dalam Pembelajaran Akuntansi

M. Iqbal Lubis

Abstract


Paradigma integratif interkonektif yang diusung oleh Amin Abdullah adalah usaha untuk menjadikan sebuah keterhubungan antara keilmuan agama dan keilmuan umum. Muara dari paradigm ini menjadikan keilmuan mengalami proses obyektivikasi dimana keilmuan tersebut dirasakan oleh orang non Islam sebagai sesuatu yang natural (sewajarnya), tidak sebagai perbuatan keagamaan. Paradigma ini tidak saling melumatkan dan peleburan antara keilmuan umum dan agama. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penerapan  paradigma integratif interkonektif dalam pembelajaran akuntansi. Metode penelitian adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan konten analisis yaitu data di ambil dari buku-buku, jurnal penelitian, website sebagai sumber utama dan situs-situs atau sejarah yang berkaitan sebagai sumber pendukung. Hasil dari penelitian ini adalah bentuk paradigma integrative interkonektif dengan menggunakan pengembangan pendekatan yang telah di lakukan oleh Zarkasih dkk yaitu pendekatan integrasi ilmu sains dengan agama atau ismalisasi sains (ISSA), pendekatan ini di bagi menjadi tiga model yaitu  ISSA. 1 Al-Nushush al- Syar'iyah / Syariah Texts / Menggunakan Teks Berupa Ayat atau hadis. ISSA.2 Al-Tahlil al-Imani / Faith Analysis/ Analisis yang bersifat Imani atau Syar`i dan ISSA.3 Al-Naqd al-Islami /Islamic Critics / Kritik Islami, yang diterapkan dalam proses pembelajaran akuntansi dengan materi pengertian akuntansi yang dintegrasikan dengan islam menggunakan pola correlated curriculum.


Full Text:

PDF

References


Amar, A. (2021). Model Integrasi Ilmu Pengetahuan Dan Agama antara dikotomi, naif dan valid. Cendekia : Media Komunikasi Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Islam, 13(01), 82–94.

Arbi, Imam Hanafi, Munzir Hitami, H. (2018). Model Pengembangan Paradigma Integrasi Ilmu Di Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Dan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Profetika, Jurnal Studi Islam, 20(1), 1–15.

Azharsyah, I. (2010). Tinjauan Fiqh Terhadap Penggunaan Konsep Akuntansi Konvensional Dalam Struktur Akuntansi Syariah. Jurnal Sosio-Religia, 9(November), 753–767.

Fathul Mufid. (2013). Integrasi Ilmu-Ilmu Islam. Equilibrium, 1(1), 55–71.

Korosando, F. (2016). Menanam Ilmu Akuntansi, Menuai Nilai Kejujuran. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1(1), 88–93.

Kuswanjono, A. (2007). Argumen Filosofis Integrasi Ilmu dan Agama : Perspektif Pemikiran Mullâ Sadrâ. Filsafat, 17(3), 324–349. https://doi.org/10.22146/jf.23091

Muhamad, M. (2009). Penyesuaian Teori Akuntansi Syari`ah: Perspektif Akuntansi Sosial dan Pertanggungjawaban. Iqtisad, 3(1), 67–87. https://doi.org/10.20885/iqtisad.vol3.iss1.art5

Muhayat, A. (2018). Paradigma Integrasi-Interkoneksi Dalam Ekonomi Islam. 2(1), 119–137.

Muhyi, A. (2018). Paradigma Integrasi Ilmu Pengetahuan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Mutsaqqafin : Pendidikan Islam Dan Bahasa Arab, 1(1), 45–64.

Musthofa, U. H. (2011). Menggagas Pengembangan Akuntansi Syari ’ Ah. Al-’Adalah, X(1), 59–74.

Sanusi, S. (2017). Integrasi Al-Quran, Sains Dan Ilmu Sosial Sebagai Basis Model Pengembangan Materi Ajar IPS Di Madrasah. Ijtimaiya: Journal of Social Science Teaching, 1(1). https://doi.org/10.21043/ji.v1i1.3105

Susilowati, L. (2017). Tanggung Jawab, Keadilan Dan Kebenaran Akuntansi Syariah. An-Nisbah: Jurnal Ekonomi Syariah, 3(2). https://doi.org/10.21274/an.2017.3.2.295-320

Yusuf, K. M., Alwizar, A., & Irawati, I. (2020). Model Kurikulum Terintegrasi Ilmu Ekonomi Dan Islam Serta Implementasinya Dalam Proses Pembelajaran. Risâlah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 6(1), 32–53. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v6i1.124

Zarkasih, Z., Yusuf, K. M., Hasanuddin, H., & Susilawati, S. (2020). Integration of Naqli and Aqli Knowledge in Islamic Science University of Malaysia: Concept and Model. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 5(2), 123. https://doi.org/10.24014/potensia.v5i2.7800




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ekl.v4i2.15599

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Eklektik : Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan



Diindeksasi Oleh :

         

Alamat Redaksi :

Prodi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tampan Pekanbaru 28293 Riau, Indonesia.

Email: eklektik.pe@uin-suska.ac.id

Link Journal : http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/EKLEKTIK

View My Stats