ANALISlS MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SERTA PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA

Paijan Rambe, Suarman Suarman, Gimin Gimin

Abstract


Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh langsung dan tidak langsung motivasi belajar dan kemampuan berpikir tingkat tinggi terhadap prestasi belajar mahasiswa . Penelitian ini dilakukan di UIN Suska Riau pada program studi pendidikan ekonomi. Sampel pada penelitian ini adalah 92 orang. Data diperoleh dengan menggunakan metode angket, tes dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan path analysis. Temuan pada penelitian ini adalah terdapat pengaruh  langsung dan tidak langsung antara motivasi belajar dan kemampuan berpikir tingkat tinggi terhadap prestasi belajar mahasiswa. Tinggi rendahnya prestasi belajar  dipengaruhi oleh motivasi belajar dan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi hendaknya dosen memberikan soal soal yang menuntut kreativitas dan kekritisan mahasiswa terkait pemecahan masalah dalam pembelajaran sehingga prestasi belajar mahasiswa dapat meningkat.


Keywords


Motivasi Belajar, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Prestasi Belajar

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ekl.v4i1.10955

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Eklektik : Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan



Diindeksasi Oleh :

         

Alamat Redaksi :

Prodi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tampan Pekanbaru 28293 Riau, Indonesia.

Email: eklektik.pe@uin-suska.ac.id

Link Journal : http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/EKLEKTIK

View My Stats