METODE BIBLIOTERAPI ISLAM UNTUK PENGEMBANGAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB PADA MAHASISWA

Vivik Shofiah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode biblioterapi Islam dalam meningkatkan karakter tanggung jawab. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 11 mahasiswa fakultas psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau yang terbagi menjadi enam (6) mahasiswa menjadi kelompok eksperimen dan lima (5) mahasiswa menjadi kelompok kontrol. Penelitian ini menggunakan desain nonequivalent control group design. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan skala karakter tanggung jawab dan di analisis dengan menghitung rerata skor gain skor kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Berdasarkan uji hiptesis diperoleh hasil bahwa rerata gain skor pada kelompok eksperimen lebih tinggi dibanding dengan kelompok kontrol. Artinya metode biblioterapi islam berpengaruh terhadap pengembangan karakter tanggung jawab pada mahasiswa.

Full Text:

PDF

References


Clarken, R. (2010). Considering Moral Intelligence. As Part of A Holistic Education. Denver: Northern Michigan University.

Creswell, J. W. (2010). Research Design. Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Elmubarok, Z. (2008). Membumikan Pendidikan Nilai mengumpulkan yang Terserak, Menyambung yang Terputus, dan Menyatukan yang Tercerai. Bandung: Alfabeta.

Floyd, M., Scogin, F., Smith, N., Floyd, D., & Rokke, P. (2004). Cognitive Therapy for Depression: A Comparison of Individual Psychotherapy and bibliotherapy for Depressed Older Adults, Journal of Behavior Modification, 28 (2), 297-318.

Furqon, Hidayatullah. (2010). Pendidikan karakter: Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka.

Hidayat, M.Y. (2008). Alikasi Biblio-konseling Sebagai Salah Satu Strategi Membantu Klien dalam Konseling. Jurnal Lentera Pendidikan, 11 (1), 129-140.

Hurlock, E. (2000). Psikologi Perkembangan: Sepanjang Rentang Kehidupan. Terjemahan (Edisi Kelima). Jakarta: Erlangga.

Lickona, Thomas. (2012). Educating for Character, How Our Schoolcan Teach Respect and responsibility. (Terjemahan). Jakarta: Bumi Aksara.

Maich, K., & Kean, S. (2004). Read Two Books and Write In The Morning! Bibliotherapy in for Social Emotional Intervention in The Inclusive Class-room. Teaching Exceptional Children, 1(2), 5-11.

Mangen, A., Walgermo, B., Bronnick. (2013). Reading Linear Texts on papper Versus Computer Screen: Effects of Reading Comprehension. International Journal of Educational Research. 5(58), 61-68. Doi:10/1016/j.ijer.2012.12.002.

Muchlas, S & Hariyanto, M.S. (2012). Pendidikan karakter. Bandung: remaja Rosda karya.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta

Suyadi. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan karakter. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Olsen, H. (1975). Bibliotherapy to Help Children Solve Problems. The Elementary School Journal. 75(7), 422-429.

Pehrsson, Dale-Elizabeth and McMillen, Paula. (2006). Competent Bibliotherapy: Preparing Counselors to Use Literature with Culurally Diverse Clients. ACA: Vistas Online.

Ready, D.A. (2002). How Story Telling Builds Next Generation Leaders. Massachusetts: EBSCHO Publishing.

Roselina & Shukry, M. (2006). Bibliotherapy: A Tool for Primary Prevention Program With Children and Adolescents. Jurnal Antidadah Malaysia, 1(1), 75-90

Sweeney, L. (2008). The Case For Character Education. Sydney: Marsh Media White Paper.

Zuriah, N. (2007). Pendidikan Moral dan Budi Pekerti dalam Perspektif Perubahan. Jakarta: Bumi Aksara




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/egcdj.v2i1.7250

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Educational Guidance and Counseling Development Journal



PUBLISHED BY:

FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU

JL. HR. SOBRANTAS KM. 15.5 PEKANBARU RIAU

 

INDEXING BY: