Pengaruh Dukungan Sosial Orang Tua dan Kepercayaan Diri terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik

Citra Imelda Usman, Retno Tri Wulandari, Remi Nofelita

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya orang tua yang tidak mengutamakan kepentingan anaknya, adanya peserta didik yang minder dengan kemampuan yang dimiliki, adanya peserta didik yang tidak ada kemauan untuk belajar, serta adanya peserta didik yang tidak mengerjakan tugas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Gambaran dukungan sosial orang tua. 2) Gambaran kepercayaan diri peserta didik. 3) Gambaran motivasi belajar peserta didik 4) Pengaruh dukungan sosial orang tua dan kepercayaan diri terhadap motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Data penelitian diperoleh melalui angket dan diolah menggunakan teknik persentase dan regresi linear sederhana. Hasil penelitian adalah: 1) Dukungan orang tua berada pada kategori tinggi, 2) Kepercayaan diri peserta didik berada pada kategori cukup tinggi 3) Motivasi belajar peserta didik berada pada kategori tinggi, 4) Terdapat pengaruh pada dukungan sosial orang tua dan kepercayaan diri terhadap motivasi belajar peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian ini direkomendasikan kepada peserta didik untuk mampu menggali, mengekpresikan dan berpartisipasi dalam meningkatkan motivasi belajar yang baik untuk kesuksesannya dalam belajar.

Full Text:

PDF

References


Bungin, Burhan. 2005. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana.

Durado, A, Tololiu, T & Pabgemanan, D. 2013. Hubungan Dukungan Orang Tua dengan Konsep Diri pada Remaja di SMA Negeri 1 Manado. Journal of Chemical Information and Modeling. Vol. 1, No. 1, Hal 1-8.

Ghozali, I. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Yogyakarta: Universitas Diponegoro.

Ibrahim, D. S., & Suardiman, S. P. (2014). Pengaruh Penggunaan E-Learning Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa SD Negeri Tahunan Yogyakarta. Jurnal Prima Edukasia, Vol. 2, No. 1, Hal 66-79.

Komara, I. B. 2016. Hubungan antara Kepercayaan Diri dengan Prestasi Belajar dan Perencanaan Karir Siswa SMP. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan dan Konseling. Vol. 5. No.1, Hal. 33-42.

Malwa, Rosyidah Umpu. 2017. Dukungan Sosial Orangtua dengan Motivasi Belajar Siswa Putra Tahfidz Al-Qur’an. Jurnal Psikologi Islami.Vol. 3 No. 2, Hal.137-144.

Maulida, Rohcman Siti dan Dhania Rama, Dhini. 2012. Hubungan Natara Kepercayaan Diri dan Dukungan Orang Tua Dengan Motivasi Berwira Usaha Pada Siswa SMK. Jurnal Psikologi Undip. Vol. 11, No 2.

Nurrohmatullah Asep, Muhammmad. 2016. Hubungan Orientasi Masa Depan dan Dukungan Orang Tua Dengan Minat Melanjukan Studi Keperguruan Tinggi. Jurnal Psikoborneo.Vol.4, No 1.

Omnihara, H. W., Marpaung, W., & Mirza, R. 2019. Kepercayaan Diri Ditinjau Dari Dukungan Sosial Pada Penyandang Tuna Netra. Psycho Idea. No.2, Hal. 114-122.

Palupi, N, T. 2019. Dukungan Orangtua dan Motivasi Berprestasi pada Siswa-siswi SMP Negeri 79 Jakarta Pusat. JP3SDM. Vol. 8. No. 2, Hal. 68–80.

Rahmi Vera, Eka. 2011. Pengaruh Dukungan Orang Tua dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Musik Pada Remaja. Skripsi. Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah.

Rasyidah, A. N. 2015. Kepercayaan Diri Pada Tuna Netra (Studi Kasus Pengguna Ilmu Getaran Perguruan Pencak Silat Beladiri Tangan Kosong Merpati Putih). Jurnal Indigenous. Vol. 13, No. 1, Hal. 51–59.

Riduwan. 2006. Belajar Mudah Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Saragi Muhammad Putra Dinata, dkk. 2016. Kontsribusi Konsep Diri Dan Dukungan Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa dan Implikasinya Dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Jurnal Konselor. Vol. 5, No. 1.

Suryaningsih, Yeni. 2017. Perilaku Masa Puber Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Pui Kecamatan Maja Kabupaten Majalengka. Jurnal Bio Education. Vol.2, No. 1. Hal 50-57.

Santo, Zem, dkk. 2018. Pengaruh Dukungan Orang Tua dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SD YPPK Maria Fatimah Merauke. Jurnal Magistra.Vol.5, No. 2. Hal 52-63.

Tu’u, T. (2004). Peran Disiplin Pada Perilaku Dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo.

Yusuf, A. M. 2005. Metodologi Penelitian: Dasar-dasar Penyelidikan Ilmiah. Padang: UNP Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/egcdj.v4i1.12605

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Educational Guidance and Counseling Development Journal



INDEXED BY:

      

EGCDJ is published by Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Mailing Address:

Gedung PMU Lt. II Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau  
Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155, Pekanbaru - Riau 28293, Email: egcdj.bk@uin-suska.ac.id

Creative Commons License
EGCDJ is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats