Model Pendidikan Anak Menurut Hadits dan Urgensinya

Susiba Susiba, Ilyas Husti, Nurhadi Nurhadi

Abstract


Pendidikan anak merupakan suatu yang sangat urgen, karena masa pada masa anak-anak inilah terjadi berbagai perkembangan kecerdasan yang dimiliki oleh seseorang. Untuk bisa mendidik anak dengan baik tentu memerlukan suatu model yang tepat yang sudah teruji keefektifannya. Banyak model pendidikan anak yang terdapat dalam hadits Rasulullah Saw yang bisa dijadikan rujukan dalam mendidik anak. Tujuan artikel ini adalah untuk mengkaji model-model pendidikan anak yang terdapat dalam hadits dan urgensi penerapannya pada zaman sekarang. Jenis penelitian ini menggunakan literature review, berdasarkan literature review diketahui bahwa banyak model-model pendidikan kekinian yang sebenarnya sudah diterapkan Rasulullah Saw dalam mendidik anak, diantaranya model Value Clarification Technique, model pembelajaran lansung, Internal Working Model, dan belajar sambil bermain. Hal ini bisa dijadikan sebagai rujukan dalam mendidik anak.

Full Text:

PDF

References


Al-Abrasjy, M. A. (1970). Dasar-dasar pokok pendidikan Islam. Jakarta: Bulan Bintang.

Al-Lamri, S., Hamid, I., & Ichas, T. I. (2006). Pengembangan Pendidikan Nilai dalam Pembelajaran Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Jakarta: Dirjendikti.

Bahar, A. (2008). Penilaian Ranah Afektif Pembelajaran PKn melalui Model Value Clarification Technique (VCT) Permainan. Jurnal Pembelajaran, 30(2), 121-126.

Darmadi, H., & MM, M. (2018). Asyiknya belajar sambil bermain. Lampung Tengah: Guepedia.

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Panduan Analisis Soal. Jakarta: Depdiknas. 2008), Tersedia: http://teguhsasmitosdp1.files.wordpress.com/2010/05/analisis_soal1.pdf.

Depdiknas. (2005). Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pendidikan Menengha Lanjutan Pertama.

Eliasa, E. I. (2011). Pentingnya kelekatan orangtua dalam internal working model untuk pembentukan karakter anak (kajian berdasarkan teori kelekatan dari john bowlby). dalam Karakter sebagai Saripati Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. Yogyakarta: Inti Media Yogyakarta Bekerjasama dengan Pusat Studi Pendidikan Anak Usia Dini Lembaga Penelitian Universitas Negeri Yogyakarta.

Hadi, N. (2019). Pendidikan Teologi Lintas Agama dalam Meraih Keluarga Bahagia (Analisis Teori Islam, Kristen, Hindu, Budha dan Konghucu). AL-USWAH: Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Agama Islam, 1(2), 67-87.

Hairina, Y. (2016). Prophetic parenting sebagai model pengasuhan dalam pembentukan karakter (akhlak) anak. Jurnal Studia Insania, 4(1), 79-94.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Model Pendidikan Anak Usia Dini Satu Tahun Sebelum Sekolah Dasar: Kajian Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal, dan Pendidikan Masyarakat. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan Pendidkan dan Kebudayaan , Balitbang, Kemendikbud.

Priasmoro, D. P. (2016). Literatur review: aplikasi model sosial dalam pelayanan kesehatan jiwa pada ibu hamil dengan hiv/aids. Jurnal Ilmu Keperawatan: Journal of Nursing Science, 4(1), 12-19.

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. (2007). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Rifa'i, A. A. (2018). Pendidikan Anak dalam Islam: Upaya Mempersiapkan Generasi Masa Depan Berakhlak Mulia. EDUGAMA: Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan, 4(2), 73-88.

Sanjaya, W. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Sari, K. P., Neviyarni, S., & Irdamurni, I. (2020). Pengembangan Kreativitas dan Konsep Diri Anak SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 44-50.

Sari, S. (2012). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Siswanto, H. (2014). Permasalahan pendidikan dasar dan pendidikan anak usia dini. Cendekia: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(2), 137-150.

Supriyadi. (2017). Community of Practitioners: Solusi Alternatif Berbagi Pengetahuan antar Pustakawan. Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi Dan Kearsipan, 2(2), 83–93. https://doi.org/10.14710/lenpust.v2i2.13476

Susanti. (2005). Pendidikan Anak Usia Dini, “Pikiran Rakyat”, 11 Februari 2005.

Syarbini, A. (2017). Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.

Wiyani, N.A., Barnawai. (2012). Format Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar-Ruzz




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/at-tajdid.v2i3.16010

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Pascasarjana Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jl. KH. Ahmad Dahlan No.94, Kp. Melayu, Kec. Sukajadi
Kota Pekanbaru, Riau 28122
email: musa.thahir@uin-suska.ac.id
 
Diindeks oleh:
 
 
Lisensi Creative Commons
At-Tajdid: Journal of Islamic Studies disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.