Pengembangan Modul Pembelajaran Sejarah Terintegrasi Islam pada Sekolah Menengah Atas di Kota Batam

Zulkifli Ahmad

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa bahan ajar modul sejarah terintegrasi Islam yang berkualitas serta layak digunakan di Kelas XI SMA. Penelitian ini merupakan Penelitian Pengembangan atau Research and Development (R&D) yang terdiri dari 5 tahap yakni 1) Penelitian dan Pengumpulan Informasi. 2) Membuat Perencanaan (desain) Produk; 3) Mengembangkan Produk      4) Melakukan Uji Coba Awal, Revisi Produk dari Hasil Uji Coba Awal, Uji Coba Lapangan Utama 5) Melakukan Evaluasi dan Revisi. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik purvosive sampling. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, validasi, angket, dokumentasi, tes hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Produk yang dihasilkan telah melewati beberapakali uji coba di sekolah yang berbeda. Pada uji coba terbatas dilakukan pada sekolah SMAN 1 Batam Kelas XI TP.2021/2022 dengan jumlah subjek 27 orang. Uji coba lapangan utama dilakukan di tiga sekolah yakni SMAN 1 Batam, SMAN 22 Batam, SMAN 24 Batam kelas XI TP. 2021/2022 dengan jumlah subjek 87 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa modul yang dikembangkan memenuhi kategori sangat valid berdasarkan kriteria kevalidan menurut penilaian validator Ahli Materi, Ahli Pendidikan Agama Islam, Ahli Bahasa, Ahli Media dan Guru. Respon siswa terhadap bahan ajar yang dikembangkan sangat baik. Modul yang telah dihasilkan memenuhi kategori sangat efektif baik dalam meningkatkan hasil belajar kognitif, psikomotorik maupun dalam menumbuhkembangkan nilai-nilai Islam siswa dan sangat praktis dilihat dari keterlaksanaan pembelajaran, sangat praktis dari penilaian guru dan praktis dari penilaian siswa. Dapat disimpulkan bahwa produk Modul Sejarah Terintegrasi Islam Untuk Kelas XI SMA memiliki kualitas yang sangat baik ditinjau dari aspek validitas, praktikalitas dan efektifitas sehingga sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Al-Maliky, M. A. (2007). Insan Kamil Sosok Teladan Muhammad SAW. Surabaya: PT. Bina Ilmu.

Amril, M. (2016). Epistemologi Integratif-Interkonektif Agama dan Sains. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Anidi. (2017). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Parama Publishing.

Anshori, I. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter di Madrasah. Halaqa: Islamic Education Journal, 1(2), 63-74.

Anwar, I. (2010). Pengembangan Bahan Ajar. Bahan Kuliah Online. Direktorai UPI. Bandung.

Anwar, Il. (2010). Pengembangan Bahan Ajar. Direktorai UPI. Bandung.

Asmani. (2011). 7 Tips Aplikasi PAKEM Menciptakan Metode Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas, Jogjakarta: DIVA Press.

Badan Standar Nasional Pendidikan. (2008). Pengembangan Penilaian. Jakarta: Depdiknas.

Baqir, Z. A. (2005). Integrasi Ilmu dan Agama; Interpretasi dan aksi.

bin Khaldun, M., & Abdurrahman, A. A. (2011). Mukaddimah Ibnu Khaldun. Pustaka Al Kautsar.

Daryanto & Rahardjo, M. (2013). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.

Daryanto. (2013). Inovasi Pembelajaran Efektif. Bandung: PT. Yrama Widya.

Daryanto. (2013). Menyusun Modul Bahan Ajar Untuk Persiapan Guru Dalam Mengajar. Yogyakarta: Gava Media.

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Panduan Pengembangan bahan Ajar.

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Pengembangan Bahan Ajar dan Media.Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Fathurrohman, P. (2012). dkk.(2013). Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung, PT. Refika Aditama Gunawan, Heri.

Joyce, B., Weil, M., Calhoun, E. (2016). Models of Teaching (Ninth Edition), Terj. Rianayati Kusmini Pancasari. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Lestari, I. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang: Akademia Permata.

Majid, A., Wardan, A. S., & Andayani, D. (2011). Pendidikan karakter perspektif Islam. PT Remaja Rosdakarya.

Nazir, M. & Hanafi, I. (2017). The Spiral Andromedia Interpretation: A Research Paradigm-Based Integration. Banjarmasin: UIN Antasari Banjarmasin.

Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Jogjakarta: DIVA Press.

Rivai, A & Sudjana, N. (2013). Media Pengajaran (Penggunaan dan Pembuatannya). Bandung: Sinar Baru Algensindo

Ruhimat, T., dkk. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Beroroentasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Shihab, M.Q. (2013). Wawasan Al-Quran: Tafsir Tematik atas Pelbagai Persoalan Umat. Jakarta: Mizan Pustaka.

Sukmadinata, N.S. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wilaela. (2016). Sejarah Islam Klasik. Pekanbaru: Fakultas Ushuluddin UIN Sultan Syarif Kasim Riau.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Pascasarjana Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jl. KH. Ahmad Dahlan No.94, Kp. Melayu, Kec. Sukajadi
Kota Pekanbaru, Riau 28122
email: an-nur@uin-suska.ac.id
 
Diindeks oleh:
 
 
Lisensi Creative Commons
Jurnal An-Nur disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.