Urgensi Media Sosial Sebagai Sarana Dakwah Melalui Media

Syintia Nurfitria, Arzam Arzam

Abstract


Artikel ini mengkaji tentang urgensi media sosial sebagai sarana dakwah melalui media di era modern. Di era modern saat ini, media sosial telah menjadi bukti dari kemutakhiran informasi dan arus teknologi modern, sehingga perlu diteliti bagaimana pemanfaatan media sosial tersebut terutama dalam dakwah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana urgensi media sosial sebagai sarana dakwah di era modern. Mengingat fenomena media sosial saat ini menjadi paling diminati oleh masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan narasi sebagai penjelasan dari penelitian yang dianalisis. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa dakwah merupakan kegiatan dalam penyebarluasan agama Islam melalui ajakan dan seruan, salah satunya adalah dengan menggunakan media. Media yang saat ini dianggap paling efektif dalam berdakwah adalah media sosial. Media sosial dinilai efektif sebagai sarana berdakwah. Akan tetapi, berdakwah dengan media sosial harus memperhatikan etika dan norma-norma bermedia sosial. Sehingga benar-benar mendatangkan kemanfaatkan dalam ajang beribadah melalui dakwah dalam media sosial. Untuk aplikasi kajian, penelitian ini dapat berguna bagi peneliti selanjutnya karena dakwah masih dan selalu dilakukan oleh para Da’i dan tentunya pula harus disesuaikan dengan kondisi lingkungan serta perkembangan teknologi dan arus informasi yang semakin canggih dan modern. Sehingga, para Da’i dituntut untuk dapat berkolaborasi atau bersaing dengan arus teknologi ini baik dari sisi kemapuan dan pengetahuan.

Keywords


Urgensi, Media Sosial, Dakwah

Full Text:

PDF

References


Amaliyah, Efa Ida. “Islam Dan Dakwah: Sebuah Kajian Antropologi Agama.” AT-TABSYIR: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam 3, no. 2 (2015).

Annazilli, M Haqqi. “Relasi Antara Agama Dan Media Baru.” Syi’ar: IAIN Bengkulu 18, no. 2 (2018).

Asep, Muhiddin. Dakwah Dalam Perspektif Al-Qur’an: Studi Kritis Atas Visi, Misi, Dan Wawasan. Bandung: Pustaka Setia, 2002.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 1990.

Ghazali, M Bahri. Dakwah Komunikatif. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya, 1997.

Hidayat, Muh Taufik. “Berdakwah Di Media Sosial.” IAIN Pare-Pare, 2020.

Ispandriarno, Lukas S. “Agama Dan Media: Pemaknaan Isu Agama Di ‘DETIKNEWS.’” Millah 12, no. 2 (2013).

Jumantoro, Totok. Psikologi Dakwah Dengan Aspek-Aspek Kejiwaan Yang Qurani. Wonosobo: Amzah, 2001.

Mulyati, Ani. Panduan Optimalisasi Media Sosial Untuk Kementrian Perdagangan RI. Jakarta: Pusat Humas Kementrian Perdagangan, 2014.

Munawwir, Ahmad Warson. Kamus Arab Indonesia. Yogyakarta: Pondok Pesantrren al-Munawwir, 1984.

Mutiawati, Imas. Dakwah Di Media Sosial (Studi Fenomenologi Dakwah Di Instagram). Semarang: Universitas Islam Negeri Walisongo, 2018.

Nasrullah, Rulli, and Dudi Rustandi. “Meme Dan Islam: Simularka Bahasa Agama Di Media Sosial.” Ilmu Dakwah: Academi Journal for Homiletic Studies 10, no. 1 (2016).

Nuh, Muhammaf Sayid. Dakwah Fardhiyah. Solo: Era Intermedia, 2000.

Rohman, Dudung Abdul. “Komunikasi Dakwah Melalui Media Sosial.” Tatar Pasundan Jurnal Balai Diklat Keagamaan Bandung 13, no. 2 (2019).

Saputra. Pengantar Ilmu Dakwah. jak: PT Raja Gradinfo Persada, 2011.

Shohib. “Hakikat Dan Tujuan Dakwah Dalam Mewujudkan Kehidupan Yang Damai Dan Harmonis.” Tatar Pasundan: Jurnal Diklat Keagamaan 12 (2018).

Sumadi, Eko. “Dakwah Dan Media Sosial: Menebar Kebaikan Tanpa Diskriminasi.” AT-TABSYIR: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam 4, no. 1 (2016).

Syabibi, Ridho. Metodologi Ilmu Da’wah: Kajian Ontolologis Da’wah Ikhwan Al-Safa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008.

Wahyuni, Dwi. “Agama Sebagai Media Dan Media Sebagai Agama.” JIA, no. 2 (2017).




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/an-nida.v46i1.19245

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office Board :

LPPM Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jl. HR. Soebrantas KM. 15,5 Panam - Pekanbaru

http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Anida/index

Creative Commons LicenseAn-Nida by http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Anida is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats